Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan STML untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

zuhair abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STML yang layak 2) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STML yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan pendekatan Borg and Gall. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, handout, lembar kegiatan peserta didik  dan instrumen penilaian berupa tes untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik, lembar angket untuk mengukur kelayakan produk, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran, dan lembar observasi untuk memperoleh informasi kebutuhan pada studi pendahuluan dan mengukur keterlaksanaan RPP. Prosedur penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) penyusunan draf produk; (4) validasi produk; (5) revisi I; (6) uji coba terbatas; (7) revisi II; (8) uji coba luas; (9) revisi III; (10) produk. Hasil penelitian menunjukkan : 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak. Kelayakan dibuktikan dengan rerata skor 4,2 yang masuk ke dalam kriteria sangat baik berdasarkan penilaian oleh dosen ahli, guru, dan teman sejawat. 2) perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Keefektifan dibuktikan dengan perbedaan gain yang signifikan (p<0,05) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada uji t dengan nilai p=0,001. 3).  


Keywords


Pengembangan; Perangkat pembelajaran; Kemampuan Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Akcay, H. (2009). A Comparison of Student Learning in STS vs Those in Directed Inquiry Classes. Electronic Journal of Science Education 13, 187-208.

Azwar, S. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Borg, W.R. & Gall, M.D (1983). Educational Research. New York: Longman.

Callahan, J. F., & Clark, L. H. (1982). Teaching in the middle and secondary schools. New York: Macmillan Publishing.

Chiras, D. (1988). Environmental Science a Framework for Decision Making. Menlo Park : The Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc.

Dass, P. (2005). Using a Science/Technology/Society Approach To Prepare Reform-Oriented Science Teachers: The Case of a Secondary Science Methods Course. Issues in Teacher Education. 14(1).

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Educational Tecnologies at Missouri. (2011). Teaching and learning with technology. Columbia: University of Missouri.

Hake, R. R. Design-Based Research In Physics Education. Diambil pada tanggal 08 Juni 2014, dari http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBR Physics3. pdf.

Kemendikbud. (2013). Permendiknas No.65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. (2013). Permendiknas No.81A Tahun 2013 Tentang Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kirschenbaum, H. (1995). 100 ways to enhance values and morality in schools and youth settings. Boston: Allyn and Bacon.

Kristanto, P. (2004). Ekologi Industri. Yogyakarta : Andi Offset.

Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrument tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. London: Kluwer Academic Publisher.

Ogunkola, B.J. (1 Januari 2013). Scientific Literacy: Conceptual Overview, Importance and Strategies for Improvement. Journal of Educational and Social Research, 3(1), 265-274.

Oluwatelure, T.A. (Juni 2010). Classroom Learning Environments As A Correlate Of Scientific Literacy. Journal of College Teaching & Learning, 7(6), 2.

Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: ROSDA.

Presiden Republik Indonesia. (2009). Undang-undang RI Nomor 32, Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Rosario, B. (2009). Science, Technology, Society, and Environment (STSE) Approach in Environmental Science for Nonscience Students in a Local Culture. Liceo Journal of Higher Education Research, 6, 2094-1064

Rustaman, N. (2003, September). Literasi Sains Anak Indonesia 2000 & 2003.

Schwab, C.J.(2008). What Can We Learn from PISA? Investigating PISA’s Approach to Scientific Literacy (Disertasi doktor, University of California, 2007).UMI: 3311682.

Subali, B. & Suyata, P. (2013). Pengembangan Item Tes Konvergen dan Divergen dan Penyelidikan Validitasnya Secara Empiris. Yogyakarta: Diandra Press.

Subratha, N. (2011). Efektivitas Pembelajaran Kontektual dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Sains. Bali: IKIP Negeri Singaraja.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuri, I. (2007) Biologi untuk SMA Kelas X Semester 2 Jilid 1B. Jakarta: Erlangga.

Toharudin, U, Hendrawati, S. & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Trianto. (2010). Mendesain Perangkat Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H.B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Vijayabanu, U. & Niranjan A. (2013). A Study on Environmental attitude and Ecological behavior.Indian Journal of Health and Wellbeing, 4(4), 868-871.

Wardhana, W.A. (2004). Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Andi Offset.

Yager, R. E. & Ackay, H. (1994). The impact of a Science/Technology/Society Teaching Approach on Student Learning in Five Domains. Journal Science Education Technology,19, 602-61




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.