PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN GUIDED INQUIRY MODEL MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MOTIVASI BELAJAR

Eka Trisianawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran model Guided Inquiry (GI) menggunakan  Mind Map (MM) perbedaan prestasi belajar antara motivasi tinggi dan rendah, dan  interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling karena hanya terdiri dari satu kelas yaitu kelas A Pagi yang terdiri dari 30 mahasiswa. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar aspek kognitif. Teknik non tes, berupa angket untuk data motivasi dan  aspek afektif dan lembar observasi untuk aspek afektif dan aspek psikomotor. Uji hipotesis penelitian menggunakan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian didapatkan bahwa;(1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran model GI menggunakan  MM  pada aspek kognitif dan tidak ada perbedaan pada aspek psikomotor  dan afektif; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah pada aspek kognitif dan afektif dan tidak ada  perbedaan pada aspek psikomotorik; (3)  ada interaksi antara pembelajaran model GI menggunakan MM dengan motivasi terhadap prestasi belajar kognitif dan tidak ada interaksi pada prestasi belajar afektif dan psikomotor.


Keywords


Guided inquiry, Mind map, Motivasi.

Full Text:

PDF

References


AgusWarseno dan Ratih Kumorojati. 2011. Super Learning. Jogjakarta: DIVA Press.

Bimo Walgito. 1990. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset

Bobby, De Poter dan Hernacki. 2007. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka

Erwin Sulistianti. 2006. Prestasi Belajar Biologi pada Meteri Pokok Sistem Koordinasi Menggunakan Variasi Media Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Unpublished

Eric Jensen. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: PT. Indeks.

Hamzah B. Uno. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: PT. Bumi Aksara

Kuhlthau Carol Collier, Kuhlthau Leslie Maniotes, dan Kuhlthau Ann Caspari. 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. Westport, Connecticut London: Libraries Unlimited

Lily Maysari Anggraini. 2010. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Inkuiri Terbimbing dan Eksperimen ditinjau dari Penalaran Abstrak dan Kemandirian Mahasiswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Unpublished

Melius Weidemen, Wouter Kritzinger. 2003. Concept Mapping – a proposed theoretical model for implementation as a knowledge repository. ICT in Higher Education. University of the Western Cape, South Africa.

Michael Dougma dan Greg Liegierko. 2009. Creating Online Mind Maps and Conceps Maps. 25th Conference on Distance Teaching & Learning. Annual Institute for Dynamic Advancement (IDEA)

Ni Kadek Sukiati. 2008. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta.

Nurul Fauziah. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) dan Peta Konsep (Concept Map) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periode Unsur.Jurnal: Universitas Sebelas Maret, Solo

Nuryani Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang

Paul Suparno. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kontrustivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Satutik Rahayu. 2007. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Inkuiri Terbimbing dan Eksperimen Ditinjau Dari Sikap Ilmiah.Tesis. Surakarta Universitas Sebelas Maret.

Shameem Rafik Galea. 2010. Teaching Literature Through Mind Maps. University Putra Malaysia

Syaiful Sagala, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Thomas L. Good, Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology: A Realistic Approach. New York: Longman

Tony Buzan, 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia.

Wenno I. H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.