PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATA KULIAH MEKANIKA BERBASIS COMPLEX PROBLEM SOLVING

Eko Juliyanto, Eli Trisnowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian mata kuliah mekanika berbasis CPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD. Model ADDIE dipilih sebagai model pengembangan pada penelitian ini karena fleksibel. Tahapan model ADDIE adalah Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Analisis data dilakukan dengan cara menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan teori uji validitas item. Pada penelitian ini, uji validitas item dianalisis dengan korelasi Bivariate Pearson (Produk Momen Pearson) menggunakan SPSS. Uji reliabilitas dianalisis dengan pendekatan respon item (Item Respon Theory/IRT). Berdasarkan hasil uji ahli, diperoleh hasil bahwa item soal no 1 dan 3 memiliki kategori validitas isi tinggi, sedangkan soal no 2 memiliki katagori validitas isi sedang. Reliabilitas responden memiliki nilai 0.00 yang berarti bahwa responden yang terlibat pada uji coba ini tidak reliabel. Nilai reliabilitas untuk item soal sebesar 0.67 yang berkategori reliabilitas sedang. Nilai CronBach Alpha (KR20) memiliki nilai 0.17. Hal ini menunjukkan soal yang dibuat reliabel, namun tidak cocok digunakan pada responden. Berdasarkan data yang disajikan pada table item fit order, dapat disimpulkan bahwa ketiga paket item soal yang dikembangkan bersifat valid.


Keywords


instrumen penilaian, mekanika, complex problem solving

Full Text:

PDF

References


Carson, J. (2007). A Problem with Problem Solving: Teaching Thinking without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator, Volume 17 No. 2 Hal. 7-14.

Dewey, J. (1933). How We Think. Boston: D. C. Heath.

Eichmann, B., Goldhammer, F., Greiff, S., Pucite, L., & Naumann, J. (2019). The role of planning in complex problem solving. Computers & Education, 128, 1-12.

Fischer, A., Greiff, S., & Funke, J. (2012). The process of solving complex problems. The Journal of Problem Solving, 4(1), 19–42. https://doi.org/10.7771/1932-6246.1118.

Fitsilis, P., Tsoutsa, P., & Gerogiannis, V. (2018). Industry 4.0: required personnel competences. Industry 4.0, 3(3), 130-133

Greiff, S., Wüstenberg, S., Goetz, T., Vainikainen, M. P., Hautamäki, J., & Bornstein, M. H. (2015). A longitudinal study of higher-order thinking skills: working memory and fluid reasoning in childhood enhance complex problem solving in adolescence. Frontiers in psychology, 6, 1060.

Hafizah, E., Misbah, M., & Annur, S. (2018). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada materi mekanika. Momentum: Physics Education Journal, 2(2).

Hecklau, F., Galeitzke, M., Flachs, S., & Kohl, H. (2016). Holistic approach for human resource management in Industry 4.0. Procedia CIRP, 54, 1-6.

Kagermann, H., Lukas, W. D., & Wahlster, W. (2011). Industrie 4.0: Mit dem Internet der Dingeauf dem Weg zur 4. industriellen Revolution. VDI nachrichten, 13(1).

Khasanah, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunkan Metode ADDIE pada Materi Gerak Lurus di MAN Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3).

Lai, C. L., & Hwang, G. J. (2014). Effects of mobile learning time on students' conception of collaboration, communication, complex problem–solving, meta–cognitive awareness and creativity. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 8(3-4), 276-291.

Leinweber S. Etappe 3: Kompetenzmanagement. In: Meifert MT, editor. Strategische Personalentwicklung - Ein Programm in acht Etappen. 3rd ed. Wiesbaden: Springer Fachmedien; 2013. p. 145–178

Mourtos, N.J., Okamoto, N. D., dan Rhee, J. (2004). Defining, Teaching and Assesing Problem Solving Skills. 7th UICEE Annual Conference on Engineering Education. Mumbai, India, 9-13 Februari 2004.

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The development of online project based collaborative learning using ADDIE Model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 1803-1812.

Nasution, S. (2009). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Öllinger, M., Hammon, S., von Grundherr, M., & Funke, J. (2015). Does visualization enhance complex problem solving? The effect of causal mapping on performance in the computer-based microworld Tailorshop. Educational technology research and development, 63(4), 621-637.

Polya, G. (1988). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). Princeton, NJ: Princeton University Press.

Scherer, R., Meßinger-Koppelt, J., & Tiemann, R. (2014). Developing a computer-based assessment of complex problem solving in Chemistry. International Journal of STEM Education, 1(1), 2.

Sireci, S., & Faulkner-Bond, M. (2014). Validity evidence based on test content. Psicothema, 26(1), 100-107

Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126-138.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Bandung: Trimkomunikat

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan model ADDIE. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 3).

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147-157.

Wiyanto. (2008). Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES Press.

Wood, D.R., Hrymak, A.N., Marshall, R.R., Wood, P.E., Crowe, C.M., Hoffman, T.W., Wright, J.D., Taylor, P.A., Woodhouse, K.A., dan Bouchard, C.G.K. (1997). Developing Problem Solving Skills: The McMaster Problem Solving Program. Journal of Engineering Education, Volume 86 No. 2 Hal. 75-91.

World Economic Forum (2016), The Future of Jobs Employment, Skills and Workforce Strategy for the Fourth Industrial Revolution. Available at http://reports.weforum.org/future-of-jobs-2016/




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.