PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IX A MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP N 2 KROYA

Almah Yuliana, Ari Wijayanti, Febrian Solikhin

Abstract


Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan yang dapat diukur melalui perilaku siswa dalam kondisi belajar. Adanya pandemi COVID-19 melatarbelakangi kebiasaan siswa yang tidak termasuk dalam kriteria aktif di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Scientific kelas IX A SMP N 2 Kroya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP N 2 Kroya semester I yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan. Setiap siklus menggunakan pembelajaran Pendekatan Scientific. Teknik analisis data dengan menggunakan metode observasi pada saat pelaksanaan proses pembelajaran dengan Pendekatan Scientific. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan baik dari kondisi pra siklus maupun kondisi setelah siklus II. Ditunjukkan pada indikator keaktifan siswa yang dikategorikan “sangat tidak baik” dengan presentase 37.5% dalam hal bertanya saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil pada siklus II mengalami peningkatan prsentase menjadi 93.75% yang berarti siswa lebih aktif bertanya. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IX A SMP N 2 Kroya Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


keaktifan siswa, pembelajaran IPA, PTK, pendekatan scientific

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, F., Maryani, I., & Purwanto, P. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Media Video Kelas V Sd Muhammadiyah Wonorejo, Sanden.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84.

Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 320-329.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231-238.

Sendjaja, S. D. (2014). Memahami Teori Komunikasi: Pendekatan, Pengertian, Kerangka Analis, dan Perspektif. Univeritas Tebruka: Modul Kegiatan Pembelajaran.

Sutriyani, S. (2014). Peningkatan Keaktifan siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan pendekatan Saintifik (PTK Pada Siswa Kelas VII C Semester Genap SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Surakarta Tahun 2013/2014) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tawil, A. H., Ismaimuza, D., & Rochaminah, S. (2014). Penerapan Pendekatan Scientific Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Kelas VII SMPN 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 87-97.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-1




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.