PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IX A MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP N 2 KROYA

Authors

  • Almah Yuliana Universitas Tidar, Jalan Kapten Supraman 39 Magelang 56116, Kota Magelang, Telp. (0293)364113
  • Ari Wijayanti SMP N 2 Kroya, Jalan Sindoro 107, Banjar, Kroya, Cilacap Regency, Central Java 53282, Telp. (0282) 5291305
  • Febrian Solikhin Universitas Bengkulu, Jalan WR Supratman, Kandang Limun, Kota Bengkulu, Bengkulu, Telp. (0736) 21186

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2518

Keywords:

keaktifan siswa, pembelajaran IPA, PTK, pendekatan scientific

Abstract

Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan yang dapat diukur melalui perilaku siswa dalam kondisi belajar. Adanya pandemi COVID-19 melatarbelakangi kebiasaan siswa yang tidak termasuk dalam kriteria aktif di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Scientific kelas IX A SMP N 2 Kroya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP N 2 Kroya semester I yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan. Setiap siklus menggunakan pembelajaran Pendekatan Scientific. Teknik analisis data dengan menggunakan metode observasi pada saat pelaksanaan proses pembelajaran dengan Pendekatan Scientific. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan baik dari kondisi pra siklus maupun kondisi setelah siklus II. Ditunjukkan pada indikator keaktifan siswa yang dikategorikan “sangat tidak baik” dengan presentase 37.5% dalam hal bertanya saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil pada siklus II mengalami peningkatan prsentase menjadi 93.75% yang berarti siswa lebih aktif bertanya. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IX A SMP N 2 Kroya Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Ambarwati, F., Maryani, I., & Purwanto, P. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Media Video Kelas V Sd Muhammadiyah Wonorejo, Sanden.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84.

Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 320-329.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231-238.

Sendjaja, S. D. (2014). Memahami Teori Komunikasi: Pendekatan, Pengertian, Kerangka Analis, dan Perspektif. Univeritas Tebruka: Modul Kegiatan Pembelajaran.

Sutriyani, S. (2014). Peningkatan Keaktifan siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan pendekatan Saintifik (PTK Pada Siswa Kelas VII C Semester Genap SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Surakarta Tahun 2013/2014) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tawil, A. H., Ismaimuza, D., & Rochaminah, S. (2014). Penerapan Pendekatan Scientific Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Kelas VII SMPN 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 87-97.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-1

Downloads

Published

2022-11-10

Issue

Section

Articles