PENGARUH SCAFFOLDING DALAM PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Rahmahani Oktaviani, Eko Juliyanto, Ahmad Muhlisin

Abstract


Keterampilan pemecahan masalah adalah keterampilan yang harus dimiliki untuk mencari jalan keluar mencapai tujuan. Fakta dilapangan skor TIMSS 2015 keterampilan pemecahan masalah Indonesia rendah. PBL adalah model untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, disamping memiliki kelebihan PBL memiliki kekurangan untuk membantu merumuskan masalah dengan baik. PBL dikombinasikan dengan scaffolding. Tujuan 1) mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan menggunakan bantuan scaffolding dalam pembelajaran model PBL, 2) mengetahui besar peningkatan keterampilan pemecahan masalah antara model PBL dengan scaffolding dibandingkan dengan model PBL tanpa scaffolding. Penelitian kuantitatif, desain kuasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Populasi kelas VIII MTs Negeri 1 Magelang, teknik sampel purposive sampling. Instrumen tes essay telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menghitung pretest dan posttest, menghitung rata-rata pretest dan posttest, uji Mann-Whitney, dan uji N-Gain. Uji Mann-Whitney menggunakan nilai gain hasil terdapat perbedaan signifikan. Kesimpulan (1) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah antara pembelajaran model PBL dengan scaffolding dibandingkan model PBL tanpa scaffolding perhitungan menggunakan nilai gain memperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan, (2) besar peningkatan keterampilan pemecahan masalah antara model PBL dengan scaffolding dibandingkan model PBL tanpa scaffolding dengan nilai N-Gain 0,4063 kategori sedang lebih besar dari 0,2197 kategori rendah.

 

ABSTRACT

Problem solving skills are skills that must be possessed to find a way out to achieve goals. Facts in the field TIMSS 2015 score of problem-solving skills in Indonesia is low. Problem Based Learning (PBL) is a model to improve problem solving skills, besides having advantages PBL has disadvantages to help formulate problems well. PBL is combined with scaffolding aimed to: 1) find out the difference in the improvement of problem-solving skills using scaffolding in learning the PBL model, 2) find out the magnitude of the increase in problem solving skills between the PBL model with scaffolding compared to the PBL model without scaffolding. Quantitative research, quasi-experimental design type nonequivalent control group design. The population of class VIII MTs Negeri 1 Magelang, purposive sampling technique. The essay test instrument has been tested for validity and reliability. Data analysis techniques calculate pretest and posttest, calculate the average pretest and posttest, Mann-Whitney test, and N-Gain test. The Mann-Whitney test using the gain value results there are significant differences. There were several conclusions: (1) there is a difference in the improvement of problem solving skills between the learning of the PBL model with scaffolding compared to the PBL model without the calculation using a gain value (0.00 < p=0.05) which means that there was a significant difference, (2) the increase in problem solving skills between the PBL model and scaffolding compared to the PBL model without scaffolding with normlaized gain (N-Gain )value of 0.4063 in the medium category, which is greater than 0.2197 in the low category.


Keywords


scaffolding; problem based learning (PBL); keterampilan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. N. (2010). Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika Pendidikan Matematika.FMIPA UNY.

Chang, W. L., & Sun, Y. C. (2009). Scaffolding and web concordancers as support for language learning. Computer Assisted Language Learning, XX (4): 283-302.

Gok, T & Silay. I. (2010). The Effect of Problem Solving Strategies on Students’ Achievement, Attitude and Motivation. Journal Phys. Eduction, 4(1) : 7. Tersedia pada https : // pdfs . semantic scholar . Org . 46cb / 360952331af7fcc093ea609175c270cbdef0 pdf. Diakses tanggal 17 November 2020

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kamdi, W, dkk. (2007). Model-model Pembelajaran

Lestari, N. F. (2016). Using Visual Scaffolding Strategy For Teaching Reading In Junior High School. ELT Perspective, 4, 132.

Permatasari, N Y. (2014). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 31. Tersedia pada https: // media. neliti. Com / media // publications / 225888 – meningkatkan - kemampuan –siswa – dalam – memec - 3a5bf829. pdf . Diakses tanggal 17 November 2020.

Phumeechanya, N., & Wannapiroon, P. (2014). Design of Collaborative Learning with Creative Problem-solving Process Learning Activities in a Ubiquitous Learning Environment to Develop Creative Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3921–3926. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.867

Septriani, N., Irwan, dan Meira. (2014). Pengaruh Pendekatan Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (3): 17-21.

Setiyawan, Heri. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang pada Siswa Kelas III SD. INOVASI. 19 (1): 12 – 14.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 12-22.

Tasoglu, A. K., & Bakac, M. (2014). The Effect of Problem Based Learning Approach on Conceptual Understanding in Teaching of Magnetism Topics. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 6(2), 110–122.

Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap. Cambridge Mass. Harvard University.

Yuliawanti, Esti., Suciati., & Joko Ariyanto. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Activites terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Terdapat pada https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/35547. Diakses pada 17 Desember 2020




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.