Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dengan Metode GASING untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Authors

  • Firsta Clara Leiwakabessy STKIP Surya
  • Dhita Rismayani Priatna STKIP Surya
  • Mira Rosalina STKIP Surya

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2453

Keywords:

Pendidikan Kimia, Penerapan Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing. Desain penelitian yang digunakan yaitu One group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 17 Kabupaten Tangerang dengan sampel penelitian berjumlah 38 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes yakni tes penguasaan konsep, lembar wawancara, dan lembar observasi keterampilan proses sains. Berdasarkan analisis data pretest dan postest menunjukkan nilai rata-rata N-Gain penguasaan konsep sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Hasil Uji Wilcoxon memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai Pretest dengan Posttes sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan konsep sebelum dan sesudah belajar saat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing. Analisis data rubrik keterampilan proses sains siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit memiliki nilai sebesar  83,715 berkategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing dapat meningkatkan penguasaan konsep. Selain itu keterampilan proses sains siswa terlihat sangat kuat pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing.

 

Kata Kunci: Penguasaan konsep, KPS, Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI, Metode GASING

Author Biographies

Firsta Clara Leiwakabessy, STKIP Surya

Pendidikan Kimia

Dhita Rismayani Priatna, STKIP Surya

Pendidikan Kimia

Mira Rosalina, STKIP Surya

Pendidikan Kimia

References

Emilia Erni. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Wahana Didaktika (2019) : Vol.17, No.1.

Faisal, dkk. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Studi pada Materi Titrasi Asam Basa). Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia (2020) : Vol.1, No.1.

Fathimas Inas. Analisis Keterampilan Proses Sains pada Praktikum Kimia dan Hasil Belajar Kimia siswa kelas XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 Yogyakarta. Skripsi (2016). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Julianto, T, Kartikaningrum, R. Strategi peningkatan Keterampilan Proses Sains menggunakan desain pembelajaran Aktif Berbasis Group Investigation. Seminar Nasional (2020). Univ Muhammadiyah Purwokerto.

Kartikawati, E dkk. Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Basicedu (2020) : Vol.4, No.3.

Lestari, MY, Diana N. Keterampilan Proses Sains (KPS) pada pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education (2018) : Vol.01, No.1.

Nurfathoanah. Implementasi Metode Pembelajaran GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamaadiyah Makasar (2017) : Vol.5, No.3.

Sugiyono, Prof. Dr. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Widodo, A. Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik (2006) : Vol.3, No.2.

Published

2022-12-10

Issue

Section

Articles