Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dengan Metode GASING untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2453Keywords:
Pendidikan Kimia, Penerapan Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, Keterampilan Proses SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing. Desain penelitian yang digunakan yaitu One group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 17 Kabupaten Tangerang dengan sampel penelitian berjumlah 38 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes yakni tes penguasaan konsep, lembar wawancara, dan lembar observasi keterampilan proses sains. Berdasarkan analisis data pretest dan postest menunjukkan nilai rata-rata N-Gain penguasaan konsep sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Hasil Uji Wilcoxon memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai Pretest dengan Posttes sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan konsep sebelum dan sesudah belajar saat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing. Analisis data rubrik keterampilan proses sains siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit memiliki nilai sebesar 83,715 berkategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing dapat meningkatkan penguasaan konsep. Selain itu keterampilan proses sains siswa terlihat sangat kuat pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode Gasing.
Kata Kunci: Penguasaan konsep, KPS, Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI, Metode GASING
References
Emilia Erni. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Wahana Didaktika (2019) : Vol.17, No.1.
Faisal, dkk. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Studi pada Materi Titrasi Asam Basa). Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia (2020) : Vol.1, No.1.
Fathimas Inas. Analisis Keterampilan Proses Sains pada Praktikum Kimia dan Hasil Belajar Kimia siswa kelas XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 Yogyakarta. Skripsi (2016). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Julianto, T, Kartikaningrum, R. Strategi peningkatan Keterampilan Proses Sains menggunakan desain pembelajaran Aktif Berbasis Group Investigation. Seminar Nasional (2020). Univ Muhammadiyah Purwokerto.
Kartikawati, E dkk. Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Basicedu (2020) : Vol.4, No.3.
Lestari, MY, Diana N. Keterampilan Proses Sains (KPS) pada pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education (2018) : Vol.01, No.1.
Nurfathoanah. Implementasi Metode Pembelajaran GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamaadiyah Makasar (2017) : Vol.5, No.3.
Sugiyono, Prof. Dr. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Widodo, A. Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik (2006) : Vol.3, No.2.
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.