Pengaruh Model Project Based Learnig Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Sirat Lambung Mangkurat University
  • Maya Istyadji Universitas Lambung Mangkurat
  • Ellyna Ellyna Hafizah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2447

Keywords:

Pembelajaran IPA, literasi lingkungan, project based learning

Abstract

Permasalahan lingkungan sering terdengar saat ini dikarenakan kegiatan manusia yang ceroboh dalam meningkatkan kualitas hidup tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan pada generasi muda. Penelitian ini berawal dari kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang masih rendah sehingga diperlukan penerapan model Project Based Learnig pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ; (1) kemampuan literasi lingkungan peserta didik setelah diterapkan model project based learning pada materi pencemaran lingkungan (2) respon peserta didik terhadap model project based learning pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design dengan desain one-shoot case study. Sampel penelitian sebanyak 28 peserta didik, yaitu kelas VII G. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil, lembar kerja proyek, dan angket literasi lingkungan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) validitas rencana pelaksanaan pembelajaran sangat valid (2) validitas tes hasil belajar sangat valid (3) validitas angket literasi linngkungan sangat valid (4) terdapat peningkatan kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang signifikan.

Downloads

Issue

Section

Articles