Pengaruh Model Project Based Learnig Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2447Keywords:
Pembelajaran IPA, literasi lingkungan, project based learningAbstract
Permasalahan lingkungan sering terdengar saat ini dikarenakan kegiatan manusia yang ceroboh dalam meningkatkan kualitas hidup tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan pada generasi muda. Penelitian ini berawal dari kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang masih rendah sehingga diperlukan penerapan model Project Based Learnig pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ; (1) kemampuan literasi lingkungan peserta didik setelah diterapkan model project based learning pada materi pencemaran lingkungan (2) respon peserta didik terhadap model project based learning pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design dengan desain one-shoot case study. Sampel penelitian sebanyak 28 peserta didik, yaitu kelas VII G. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil, lembar kerja proyek, dan angket literasi lingkungan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) validitas rencana pelaksanaan pembelajaran sangat valid (2) validitas tes hasil belajar sangat valid (3) validitas angket literasi linngkungan sangat valid (4) terdapat peningkatan kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang signifikan.Downloads
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.