PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN METODE GASING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • Asnidar Alibas Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya (STKIP)
  • Nancy Susianna Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya (STKIP)
  • Mira Rosalina Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya (STKIP)

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2444

Keywords:

Penguasaan konsep, motivasi belajar siswa, SiMaYang Tipe II, metode Gasing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa SMA menggunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing dan melihat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain yang dilaksanakan di kelas X SMAN 22 Kabupaten Tangerang. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive dan didapatkan sampel penelitian kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penguasaan konsep menggunakan soal tes sedangkan untuk sikap motivasi belajar menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata N-Gain penguasaan konsep yang tergolong dalam kategori tinggi, selain itu berdasarkan hasil uji Wilcoxon terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Untuk motivasi belajar diperoleh nilai rata-rata yang tergolong dalam kategori tinggi. Artinya model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing dapat meningkatkan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa. Hasil analisis N-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep yang signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing. 

References

Abadi, S. M., & Bahriah, E. S. (2016).

Motivasi belajar siswa pada materi

ikatan kimia melalui metode

praktikum. EduChemia (Jurnal Kimia

dan Pendidikan), 1(1), 86-97.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan

motivasi belajar dengan hasil belajar

pada mata pelajaran kimia. Jurnal

Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2),

-111.

Izzati, S., Sunyono, S., & Efkar. T. (2015).

Penerapan SiMaYang Tipe II

Berbasis Multipel Representasi pada

Materi Asam Basa. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

(1), 262-274.

Ratna Sari, N. M., Sunyono, S., & Rosilawati, I.,

(2018). Pengaruh Schaffolding dalam

Pembelajaran SiMaYang untuk

Mengongkatkan Motivasi Belajar dan

Penguasaan Konsep. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

(1), 26-37.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung:

Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian

pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunyono. (2015). Model Pembelajaran

Multipel Representasi. Yogyakarta:

Media Akademi.

Merta, L. M. (2021). Peningkatan Motivasi

Belajar dan Penguasaan Konsep

Kimia pada Topik Hidrolisis Garam

dan Larutan Penyangga Melalui

Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Sains Indonesia

(JPPSI), 4(1), 1-12.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi &

motivasi belajar mengajar.

Downloads

Issue

Section

Articles