PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN METODE GASING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2444Keywords:
Penguasaan konsep, motivasi belajar siswa, SiMaYang Tipe II, metode GasingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa SMA menggunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing dan melihat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain yang dilaksanakan di kelas X SMAN 22 Kabupaten Tangerang. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive dan didapatkan sampel penelitian kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penguasaan konsep menggunakan soal tes sedangkan untuk sikap motivasi belajar menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata N-Gain penguasaan konsep yang tergolong dalam kategori tinggi, selain itu berdasarkan hasil uji Wilcoxon terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Untuk motivasi belajar diperoleh nilai rata-rata yang tergolong dalam kategori tinggi. Artinya model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing dapat meningkatkan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa. Hasil analisis N-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep yang signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan metode Gasing.References
Abadi, S. M., & Bahriah, E. S. (2016).
Motivasi belajar siswa pada materi
ikatan kimia melalui metode
praktikum. EduChemia (Jurnal Kimia
dan Pendidikan), 1(1), 86-97.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan
motivasi belajar dengan hasil belajar
pada mata pelajaran kimia. Jurnal
Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2),
-111.
Izzati, S., Sunyono, S., & Efkar. T. (2015).
Penerapan SiMaYang Tipe II
Berbasis Multipel Representasi pada
Materi Asam Basa. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Kimia
(1), 262-274.
Ratna Sari, N. M., Sunyono, S., & Rosilawati, I.,
(2018). Pengaruh Schaffolding dalam
Pembelajaran SiMaYang untuk
Mengongkatkan Motivasi Belajar dan
Penguasaan Konsep. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Kimia
(1), 26-37.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian
pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunyono. (2015). Model Pembelajaran
Multipel Representasi. Yogyakarta:
Media Akademi.
Merta, L. M. (2021). Peningkatan Motivasi
Belajar dan Penguasaan Konsep
Kimia pada Topik Hidrolisis Garam
dan Larutan Penyangga Melalui
Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Sains Indonesia
(JPPSI), 4(1), 1-12.
Sardiman, A. M. (2020). Interaksi &
motivasi belajar mengajar.
Downloads
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.