Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di SMP Negeri 1 Majenang

Authors

  • Vindy Utami Karomah Universitas Tidar
  • Eli Trisnowati Universitas Tidar
  • Riva ismawati Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2372

Keywords:

Miskonsepsi, Four-tier Diagnostic test, Getaran, Gelombang, dan Bunyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui terjadinya miskonsepsi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Majenang pada materi getaran, gelombnang, dan bunyi, 2) mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 1 Majenang, dan 3) mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya miskosenspsi siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 1 Majenang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi getaran, gelombang, dan bunyi secara merata pada setiap sub konsep materinya. Miskonsepsi tertinggi mengenai konsep-konsep dalam gelombang degan persentase sebesar 52% dan terendah yaitu pada konsep periode getaran dengan persentase 14,5%. Terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Majenang dipengaruhi oleh beberapa factor, antara lain dari siswa itu sendiri, dari guru belum menguasai konsep yang diajarkan, dari cara mengajar setiap guru yang berbeda-beda, dan dari buku teks yang memiliki tingkat kesulitan buku terlalu tinggi bagi siswa

Downloads

Published

2022-12-08

Issue

Section

Articles