Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di SMP Negeri 1 Majenang
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2372Keywords:
Miskonsepsi, Four-tier Diagnostic test, Getaran, Gelombang, dan BunyiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui terjadinya miskonsepsi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Majenang pada materi getaran, gelombnang, dan bunyi, 2) mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 1 Majenang, dan 3) mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya miskosenspsi siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 1 Majenang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi getaran, gelombang, dan bunyi secara merata pada setiap sub konsep materinya. Miskonsepsi tertinggi mengenai konsep-konsep dalam gelombang degan persentase sebesar 52% dan terendah yaitu pada konsep periode getaran dengan persentase 14,5%. Terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Majenang dipengaruhi oleh beberapa factor, antara lain dari siswa itu sendiri, dari guru belum menguasai konsep yang diajarkan, dari cara mengajar setiap guru yang berbeda-beda, dan dari buku teks yang memiliki tingkat kesulitan buku terlalu tinggi bagi siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.