KETEPATAN MASYARAKAT MENGENAI PENGGUNAAN TEMPAT SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK

Novi Purnamasari, Rina Rahayu

Abstract


Desa Tanjunganom merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Desa Tanjunganom adalah desa yang makmur dengan sebagian masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Akan tetapi, kesadaran masyarakat dalam hal sampah masih terlihat kurang. Masyarakat mengira dengan membakar sampah akan dapat mengatasi masalah sampah tersebut. Padahal justru akan menimbulkan masalah baru berupa pencemaran udara. Hal ini menjadi perhatian khusus untuk perangkat desa. Untuk mengatasi masalah tersebut, perangkat desa mengadakan program pengadaan tempat sampah organik dan anorganik. Tujuannya agar masyarakat dapat memilah sampah organik dan anorganik dan mengolah sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase ketepatan penggunaan tempat sampah organik dan anorganik oleh masyarakat Desa Tanjunganom. Metode yang digunakan adalah wawancara dan survei tempat langsung dengan sosialisasi. Subyek yang digunakan adalah 100 KK dari 4 dusun, terdiri dari 100 rumah. Tiap dusun diambil 25 KK. Warga menyambut adanya kegiatan sosialisasi ini dengan penuh antusias. Hal ini dapat terlihat dari ketepatan penggunaan tempat sampah organik dan anorganik sebelum dan sesudah sosialisasi. Persentase ketepatan penggunaan tempat sampah organik dan anorganik oleh masyarakat Desa Tanjunganom di Dusun Saran, Kayenan, Tanjung, dan Klarangan secara berturut-turut sebesar 82%, 70%, 80%, dan 70%. Program ini hanya berjalan beberapa waktu saja. Hal ini dikarenakan tidak ada pengelola khusus yang bertanggung jawab dalam program ini.


Keywords


ketepatan; tempat sampah; organik; anorganik

Full Text:

PDF

References


Kusumaningsari, Diyah. (2015). Pemanfaatan dan Pengolahan Sampah Organik dan Non-organik utilization and processing of organic and non-organik waste. CITATION Tau15 1 1057

Taufiq, A., Maulana, F. M. (2015). Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(1), Januari 2015. Hal. 68-73.

Kurniaty, R. D., Rizal, M. (2011). Pemanfaatan Hasil Pengelolaan Sampah sebagai Alternatif Bahan Bangunan Konstruksi. Jurnal SMARTek, 9(1), Februari 2011.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.