PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

hamidah hamidah

Abstract


Media berfungsi untuk mengarahkan peserta didik mendapatkan berbagai pengalaman belajar. Pengalaman belajar tergantung pada interaksi peserta didik dengan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keberhasilan mengembangkan media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal dengan model pembelajaran demostrasi pada klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D dan diuji pada 35 peserta didik kelas VII G SMPN 9 Banjarmasin. Validitas media monopoli dilihat berdasarkan hasil validasi oleh para ahli, kepraktisan dilihat berdasarkan respon peserta didik dan efektifitas dapat dilihat berdasarkan hasil tes pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media monopoli memperoleh persentase 99,24% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media monopoli memperoleh rata-rata 3,91 dengan kategori praktis, dan efektivitas media monopoli diperoleh berdasarkan perhitungan N-Gain 0,63 dengan kategori sedang / efektif yang akan digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli berbasis kearifan lokal sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


media monopoli, kearifan lokal, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, T. I., & Sulistyoningrum, R. (2013). Menggali nilai-nilai kearifan lokal kesenian Reog Ponorogo guna mengembangkan materi keragaman suku bangsa dan budaya pada matapelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1), 51-87.

Hake, R.R. (1998). Interactive-engaement versus traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Jounal of Physics, 66(1), 63-74.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Optik, P. P. B. A. A., & IPA, J. P. M. D. Pengembangan media pembelajaran berbasis internet menggunakan software prezi online.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.

Suyidno. (2012). Modul P3F. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat FKIP Jurusan Matematika dan IPA.

Sya'ban, M. F., & Puspitalia, W. (2016). Pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal lahan Gambut untuk melatihkan berpikir kreatif peserta didik SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 247-250.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.