PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL LAHAN BASAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMPN 8 BANJARMASIN

syifa silmina

Abstract


Penelitian ini berawal dari kebutuhan guru akan ketersediaan bahan ajar IPA terpadu berwawasan kearifan lokal lahan basah untuk kelas VIII yang mengacu pada Kurikulum 2013. Pokok bahasan getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari merupakan pokok bahasan IPA terpadu yang mempunyai keterkaitan dengan kearifan lokal lahan basah. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar IPA terpadu berwawasan kearifan lokal lahan basah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) validitas bahan ajar, (2) keefektifan bahan ajar, dan (3) kepraktisan bahan ajar. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan tipe Dick and Carey. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas bahan ajar yang dikembangkan sangat valid, (2) efektivitas bahan ajar berkategori efektif, dan (3) kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan angket respon peserta didik berkategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa bahan ajar IPA terpadu berwawasan kearifan lokal lahan basah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di SMPN 8 Banjarmasin layak digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.