PENERAPAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA

Nuryunita Dewantari, Suwito Singgih

Abstract


Literasi sains merupakan pemahaman atas sains dan prosesnya serta aplikasinya dalam masyarakat, Literasi sains sangatlah diperlukan dalam dunia pendidikan sebagai upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Salah satu karakteristik dari orang yang memiliki literasi sains yaitu memiliki pemahaman tentang Nature of Science (NOS). Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode studi literatur, metode penelitian yang dilakukan tanpa turun ke lapangan dan bertemu responden secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang dikaji menyebutkan bahwa pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik mampu mengembangkan dan meningkatkan literasi sains peserta didik. Karena pada pembelajaran tersebut mampu memberikan pengalaman secara langsung, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu model pembelajaran IPA yang dapat digunakan untuk mengembangkan literasi sains peserta didik yaitu pembelajaran berbasis inkuiri “inquiry-based life-cycle thinking project”. Integrasi secara eksplisit antara NOS dan inkuiri ilmiah mampu mengembangkan literasi sains, sehingga dalam proses pembelajaran dilakukan secara eksplisit.


Keywords


Literasi Sains, Pendidikan IPA

Full Text:

PDF

References


BSNP. (2006). Lampiran 1 Peraturan Mendiknas NO. 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Mendikdasmen. Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Harlen, W. (2004). The Teaching of Science. London: David Fulton Publisher.

National Academy of Science. 1996. National Science Education Standards. Washington DC.

OECD. 2001. Knowledge and Skills for Life First Result from PISA 2000. OECED Publishing: Paris-France.

OECD. 2004. Learning for Tomorrows World First Result fro PISA 2003. OECED Publishing. Paris-France.

OECD. 2007. Executive Summary PISA 2006: Science Competencies for Tomorrows World. OECED Publishing. Paris-France.

OECD. 2010. PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do Student Performance in Reading, Mathematics

and Science (Volume I). OECED Publishing. Paris-France.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECED Publishing. Paris-France.

Putri, Anjarsari. (2014). Pembelajaran IPA Melalui Inquiry-Based Life-Cycle Thinking Project dalam Mengembangkan Literasi Sains. Semarang: Prosiding Seminar Pendidikan IPA V UNNES.

Putri, Anjarsari. (2014). Literasi Sains dalam Kurikulum dan Pembelajaran IPA SMP. Surabaya: Prosiding Semnas Pensa VI Peran Literasi Sains” UNESA.

Rahayu, Sri. (2014). Revitalisasi Scientific Approach dalam Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Literasi Sains: Tantangan dan Harapan. Seminar Nasional Kimia dan Pembelajaran 2014.

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, Andrian. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung; Humaniora.

Yuyu, Yuliati. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No, 2 Edisi Juli 2017.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.