ANALISIS SEKTOR BASIS DAN SEKTOR POTENSIAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2010-2018

Familia Vida Alifa, Lucia Rita Indrawati, Panji Kusuma Prasetyanto

Abstract


Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beragam potensi perekonomian mulai hutan, flora, fauna, industry, tambang, serta potensi pariwisatanya. Banyaknya potensi yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul belum memberikan kontribusi yang maksimal bagi Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Gunungkidul. Hal ini terbukti bahwa Kabupaten Gunungkidul memiliki PDRB Menurut ADHK 2010 paling rendah diantara kabupaten atau kota di Provinsi DIY. Tujuan penelitian ini yaitu utuk mengetahui potensi ekonomi dan sektor unggulan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gunungkidul. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan 2010 Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Gunungkidul yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Location Quotient (LQ), Analisis Metode Rasio Pertumbuhan (MRP) dan Analisis Overlay. Hasil penelitian dari analisis Location Quotient (LQ) menunjukkan bahwa terdapat enam sektor yaitu Sektor Pertanian, Kehutanan dan perikanan, Sektor Pertambangan dan Penggalian, Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, Sektor administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial dan Sektor Jasa lainnya. Hasil penelitiaan dari analisis Overlay menunjukkan bahwa terdapat tiga sektor ekonomi yang tergolong dalam sektor potensial yaitu Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan; Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor; dan Sektor Jasa Lainnya. Sektor tersebut menunjukkan bahwa suatu kegiatan yang sangat dominan baik dari segi pertumbuhan maupun kontribusinya.


Keywords


Sektor Potensial; Sektor Unggulan; Location Quotient (LQ); Metode Rasio Pertumbuhan (MRP); Overlay.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2019. Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. Yogyakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kabupaten Gunungkidul Dalam Angka. Gunungkidul: BPS

Badan Pusat Statistik. 2019. Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan 2010 Menurut Provinsi Tahun 2010-2018. Indonesia: BPS.

Destiningsih, Rian. 2017. Ekonomi Pengembangan Regional. Yogyakarta: Graha Cendekia

http://bappeda.gunungkidulkab.go.id/rencana-strategis-badan-perencanaan-pembangunan-daerah-tahun-2016-2021/ Diakses pada

tanggal 28 Februari 2020 pukul 14.29 WIB

https://pertanian.gunungkidulkab.go.id/berita-493/kelompok-tani-handa

yani-jurangjero-bangun-embung- pertanian.html

Irawan, M. Suparmoko. 2002. Ekonomi Pembangunan. Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE

Mangilaleng, Ekaristi Jekna, Debby Rotinsulu dan Wensy Rompas. 2015. Analisis Sektor Unggulan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15 No 4

Soleh, Ahmad. 2017. Strategi pengembangan Potensi Desa. Jurnal Sungkai Vol 5 No 1 Hal 32-52. Tarigan, Robinson. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah Edisi Revisi, Cetakan Pertama. Jakarta:Bumi Aksara.

Yolamalinda. 2014. Analisis Potensi Ekonomi Daerah dalam pengembangan Komoditi Unggulan Kabupaten Agam. Jurnal of Economic Education Vol 3 No 1 Hal 27-41.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i4.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas TidarĀ 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang