ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMISI CO2 DI INDONESIA

Lulu Kurniarahma, Lorentino Togar Laut, Panji Kusuma Prasetyanto

Abstract


Abstrak

Kerusakan lingkungan dapat ditandai dengan meningkatnya suhu bumi atau yang biasa kita sebut pemanasan global. Pemanasan global dapat disebabkan karena meningkatnya konsentrasi emisi gas rumah kaca (GRK) di bumi yang salah satu komponen terpentingnya yaitu emisi CO2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, konsumsi energi, luas kawasan hutan dan urbanisasi terhadap emisi CO2 di Indonesia pada periode tahun 1990-2018. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa data time series dan diperoleh World Bank dan British Petroleum. Penelitian ini menggunakan teknik analisis model Vector Error Correction Model (VECM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi, konsumsi energi, luas kawasan hutan, dan urbanisasi berpengaruh terhadap emisi CO2 dalam jangka pendek, sedangkan dalam jangka panjang yang berpengaruh hanya variabel pertumbuhan ekonomi dan konsumsi energi.


Keywords


Kata kunci: Emisi CO2, Pertumbuhan Ekonomi, Konsumsi Energi, Luas Kawasan Hutan, Urbanisasi

Full Text:

Untitled

References


American Council for An Energy-Efficient Economy (ACEEE). 2016. 2016 International Energy Efficiency Scorecard. Washington DC: ACEEE.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 2014. Outlook Energi Indonesia 2014. Jakarta: Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Energi (PTPSE).




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas TidarĀ 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang