ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, PENGELUARAN PEMERINTAH, INVESTASI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PDRB PROVINSI BANTEN TAHUN 2004-2018

Hernimas Naufallia Husna, Lorentino Togar Laut, Panji Kusuma Prasetyanto

Abstract


Abstrak

Pertumbuhan ekonomi daerah berkaitan erat dengan peningkatan produksi barang dan jasa yang diukur dengan besaran dalam Produk Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Asli daerah, Pengeluaran Pemerintah, Investasi dan tenaga Kerja, terhadap Produk Domestik Regional Bruto di wilayah Provinsi Banten tahun 2004-2018. Data yang digunakan adalah data sekunder dan diperoleh dari Badan Pusat Statistika dan Badan Koordinasi penanaman Modal di Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda Time series, Uji Statistik yang terdiri dari Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji F), dan Uji Koefisien Determinasi (Uji R2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa variable Pendapatan Asli Daerah tidak berpengaruh secara signifikan, sedangkan Variabel Pengeluaran pemerintah, investasi dan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Banten tahun 2004-2018. Secara simultan variabel Pendapatan Asli daerah, Pengeluaran Pemerintah, investasi dan tenaga Kerja berpengaruh signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Banten tahun 2004-2018.


Keywords


PAD, Pengeluaran Pemerintah, Investasi, Tenaga kerja dan PDRB

Full Text:

PDF

References


Afrizal, Fitrah. 2013. Pengaruh Tingkat Investasi, Belanja Pemerintah, Dan Tenaga Kerjaterhadap PDRB Di Provinsi Sulawesi Selatan. jurnal Ekonomi pembangunan. Vol 3 (7), hal 56-62.

Ali, Novia Hadji. 2013. Analisis Pengaruh Konsumsi Pemerintah, Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap PDRB Provinsi DIY. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol 8 (11), hal 65-94.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas TidarĀ 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang