PENINGKATAN KUALITAS AIR SUMUR DI SUMBERSARI, PURWODADI, PURWOREJO DENGAN METODE FILTRASI GRAVITASI

Ariza Galuh Setyorini, Ahmad Mashadi, Anis Rakhmawati

Abstract


Dusun Ngabean, Desa Sumbersari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, memiliki 330 KK yang mengkonsumsi air sumur gali untuk keperluan sehari-hari. Pada musim kemarau air mengalami perubahan yang ditandai dengan berubahnya warna menjadi kuning dan berbau, volume air juga berkurang dan pada musim penghujan air bening, tidak berwarna dan tidak berbau, sehingga memerlukan pengujian kualitas air.

Pengujian sampel air dilakukan di Laboratorium Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Penelitian dilakukan di Dusun Ngabean, Desa Sumbersari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Penelitian menggunakan metode filtrasi. Media filter menggunakan saringan three media, dengan media filter zeolit, karbon aktif dan pasir (dari bawah ke atas) secara berturut-turut. Media filtrasi menggunakan gaya gravitasi. Filtrasi sederhana merupakan proses membersihkan air dengan melalui bahan (media) yang berpori.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan derajat keasaman (pH) optimal pada variasi Filter 1 (F1) 15,54 %. Penurunan kadar besi (Fe) optimal pada variasi Filter 3 (F3), efisiensi 98.11 %. Penurunan kesadahan total (CaCO3) optimal pada variasi Filter 1 (F1), efisiensi 36,95 %. Perhitungan dengan menggunakan Anova menunjukkan variasi filter 1 berpengaruh terhadap peningkatan derajat keasaman (pH), variasi filter 2 berpengaruh terhadap penurunan kadar besi (Fe), dan variasi filter 3 berpengaruh terhadap penurunan kesadahan total (CaCO3).

Keywords


Filtrasi, derajat keasaman (pH), kadar besi (Fe), kesadahan total (CaCO3)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 World of Civil and Enviromental Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.