PENGGUNAAN DIRECT DRIVE TRANSMISSION SEBAGAI SISTEM PENGGERAK RODA PADA MOBIL LISTRIK

Cahyudhi E.P., Sigit Joko Purnomo, A.Noor Setyo H.D.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah pengaplikasian dua buah motor penggerak (motor Brushless Direct Current) dengan masing- masing berdaya 1000 watt yang akan ditransferkan melalui sistem pemindah tenaga direct drive transmission pada roda kanan dan roda kiri. Pengujian dilakukan pada mobil listrik Elang Untidar type Urban berupa pengujian tanpa beban dan menggunakan beban pada jalan bidang datar dan menanjak dengan variasi injakan pedal gas 25%, 50%, 75%, 100% sesuai dengan kebutuhan saat pengujian. Hasil pengujian berupa kecepatan putaran motor BLDC serta kecepatan mobil listrik di jalan datar dan menanjak. Hasil pengujian tahap pertama tanpa beban pada injakan pedal 100% memiliki nilai kecepatan putaran maju  motor BLDC sebelah kiri sebesar 672,8 rpm serta memiliki putaran mundur sebesar 680,1 rpm. Sedangkan motor BLDC sebelah kanan memiliki putaran maju sebesar 636,8 rpm dan 666 rpm untuk putaran mundur. Pengujian tahap kedua kecepatan tertinggi dibidang datar pada saat melaju ke depan sebesar 33 km/jam dengan injakan pedal 100% sedangkan pada saat jalan mundur dengan injakan pedal 50% diperoleh kecepatan 16 km/jam dan pengujian tahap ketiga mobil listrik mampu melaju di jalan menanjak (25 derajat) dengan berat pengemudi 83 kg diperoleh kecepatan 16 km/jam dalam jarak tempuh 13 meter dengan waktu 15,3 detik.

 


Keywords


mobil listrik, sistem pemindah tenaga, direct drive transmission

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 RIDTEM (Riset Diploma Teknik Mesin)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.