PENGARUH VARIASI SUDUT TUAS KECEPATAN POMPA INJEKSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MITSUBISHI DIESEL L300

Anggoro Bernardi, A. Noor Setyo, H.D, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Pada mesin diesel salah satu yang harus diperhatikan adalah masalah pada sistem bahan bakar. Selain mampu memberikan tekanan penyemprotan yang tinggi dan mengatur waktu penginjeksian dalam hal ini sistem bahan bakar juga harus memberikan jumlah bahan bakar yang tepat sesuai dengan kondisi mesin. Pengujian konsumsi bahan bakar pada mesin Mitsubishi diesel L300 dilakukan tanpa beban dengan mengukur derajat tuas kecepatan dengan variable 0o, 5o, 10o dan sebagai data pembanding juga mengukur putaran pada mesin yang berturut turut didapatkan 716, 893, dan 1100 rpm. Setelah dilakukan pengujian dengan interval waktu tiga menit hasil pengujian menunjukan pada 0o, 5o, dan 10o tuas kecepatan secara berturut turut didapatkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,5 ml/detik, 0,61 ml/detik, dan 0,38 ml/detik. Kesimpulan hasil pengujian menunjukan dengan adanya peningkatan putaran mesin maka putaran tersebut akan disalurkan menjadi gaya sentrifugal fly weight di dalam pompa injeksi yang mana gaya tersebut akan memberikan perlawanan terhadap tegangan pegas yang digerakan tuas kecepatan sehingga akan mempengaruhi langkah efektif pump plunger dan jumlah penginjeksian.


Keywords


gaya sentrifugal fly weight, konsumsi bahan bakar, tuas kecepatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 RIDTEM (Riset Diploma Teknik Mesin)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.