RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN LAMPU PENERANGAN, LAMPU REM, DAN KLAKSON PADA KENDARAAN MITSUBISHI L300

Evia Ludvita Sari, A. Noor Setyo H.D., Wandi Arnandi

Abstract


Tujuan pembuatan stand kelistrikan ini adalah untuk mengetahui bentuk rangkaian sistem kelistrikan dan untuk mengetahui cara kerja sistem kelistrikan lampu penerangan, lampu rem, dan klakson pada kendaraan Mitsubishi L300. Proses pembuatan stand lampu sistem kelistrikan lampu penerangan, lampu rem, dan klakson pada kendaraan Mitsubishi L300 dimulai dari pengukuran besi, pemotongan besi, penyambungan besi menggunakan las listrik, merapikan sambungan pengelasan, pengamplasan, pengecatan, selanjutnya memotong, dan memasang white board ke kerangka alat peraga, kemudian memasang rangkaian lampu kelistrikan (lampu-lampu, saklar, sekring, relay, flasher, jack boss dan socket banana) pada white board yang sudah dilubangi. Hasil dari pembuatan stand lampu sistem kelistrikan lampu penerangan, lampu rem, dan klakson pada kendaraan Mitsubishi L300 dapat disimpulkan yaitu bentuk rangkaian sistem kelistrikan lampu penerangan, lampu rem, dan klakson pada kendaraan Mitsubishi L300 secara umum sama dengan sistem lampu kelistrikan pada kendaraan lain, terlihat dari sisi kebutuhan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu, untuk masing-masing lampu kepala jauh 1,1 watt, lampu kepala dekat 6 watt, lampu rem 34,0 watt, dan klakson 37,6 watt.


Keywords


stand lampu; sistem kelistrikan; Mitsubishi L300

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 RIDTEM (Riset Diploma Teknik Mesin)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.