KARAKTER PROTAGONIS TOKOH “AKU” DALAM NOVEL “CINTA TAK PERNAH TEPAT WAKTU” KARYA PUTHUT EA DENGAN PENDEKATAN PSIKOANALISIS DAN IMPLEMENTASI APRESIASI SASTRA DI SMA

Affif Mudrikah, Mursia Ekawati, Molas Warsi Nugraheni

Abstract


Penelitian novel Cinta Tak Pernah Tepat Waktu karya Puthut EA merupakan penelitian psikoanalisis. Novel ini merupakan novel pertama yang ditulis oleh Puthut EA. Novel Cinta Tak Pernah Tepat Waktu karya Puthut EA juga novel Best Seller. Terbukti dengan adanya cetakan ke tujuh oleh penerbit Mojok. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apa saja karakter tokoh “aku” berdasarkan pendekatan psikologis dalam novel Cinta Tak Pernah Datang Tepat Waktu karya Puthut EA? (2) Bagaimana rancang bangun pembelajaran karakter tokoh “aku” dalam novel Cinta Tak Pernah Datang Tepat Waktu karya Puthut EA di SMA?. Tujuan penelitian ini yaitu: menyebutkan macam-macam karakter tokoh “aku” dalam novel Cinta Tak Pernah Tepat Waktu karya Puthut EA serta mengimplementasikan pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori deskriptif analisis dan teori Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra yang menghasilkan penelitian kualitatif. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, baca, catat.  Hasil penelitian ini yaitu macam-macam karakter tokoh “aku” berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud. Kepribadian id menonjolkan karakter malas, percaya diri, dan pintar. Kepribadian ego menonjolkan karakter egois, pantang menyerah, cemas, dan penyayang. Kepribadian superego menonjolkan karakter profesional, sopan dan ramah. Penelitian juga ini dapat diimplementasikan dalam pengajaran apresiasi karya sastra sesuai dengan KD 3.8 dan KD 4.8 kelas XII di SMA. Sebagai bahan ajar apresiasi karya sastra oleh guru materi ini disesuaikan dalam bentuk handout. Pengajaran tersebut menggunakan metode pendekatan ilmiah dengan lima tahap, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan menyajikan. Pesrta didik diharapkan dapat bertanggungjawab  dalam memahami dan menyajikan pementasan drama mini di depan kelas.

Kata kunci: novel, psikologi, karakter


Full Text:

Untitled

References


Astuti, dkk. (2016). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel “Entrok” karya Okky Mandasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal BASASTRA Volume 4 Nomor 2. ISSN 12302-6405.

Endraswara, S. (2008). Metodologi penelitian sastra. Media Pressindo. Yogyakarta.

Freud, S. (2005). Psikoanalisis. Diterjemahkan oleh Haris Setiowati. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.

Hardjana, A. (1985). Kritik sastra: Sebuah pengantar. PT. Gramedia. Jakarta.

Minderop, A. (2013). Psikologi sastra. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.

Noor, J. (2011). Metodologi penelitian: Skripsi, tesis, desertasi, dan karya ilmiah. Kencana. Jakarta.

Nugiyantoro, B. (2012). Teori pengkajian fiksi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Puthut, EA. (2018). Cinta tak pernah tepat waktu. Mojok. Yogyakarta.

Putra. (2014). Penokohan dan Perwatakan Tokoh Novel Bumi Cinta Karya habiburrahman El-Shirazy.

Rahmanto, B. (1988). Metode pengajaran sastra. Kanisius. Yogyakarta.

Ratna, N. (2012). Penelitian sastra: teori, metode, dan teknik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Riyanto (2014). Analisis Perwatakan tokoh Novel Atan Budak Pulau Karya Ary Sastra.

Roekhan, (1987). “Ruang lingkup kajian psikologi sastra” dalam Kapita Selekta Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran oleh Nurhadi (Ketua Ed.). JPBSI FPBS IKIP Malang. Malang.

Singal, U. V. (2015). Kajian psikologis perwatakan tokoh novel pada sebuah kapal karya NH.Dini dan implikasinya dalam pengajaran sastra di smp. e-Jurnal Bahasantodea, 63-75.

Sumardjo, (1988). Apresiasi Kesusastraan. PT. Gramedia. Jakarta.

Susanti, M. (2014). Analisis perwatakan tokoh utama novel ni wuluk karya any asmara. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13-19.

Tarigan, (1991). Prinsip-prinsip dasar sastra. Angkasa Bandung. Bandung.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional, 2003, Depdiknas. Jakarta.

Walgito, B. (1997). Pengantar psikologi umum. Andi offset. Yogyakarta.

Wellek, Rene dan Austin Warren. (1989). Teori kesusastraan. PT Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v1i2.786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.