INTERFERENSI BAHASA JAWA KE DALAM PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN TLOGOMULYO, KABUPATEN TEMANGGUNG

Zuliya Kurnia, Fransiscus Xaverius Samingin, Rangga Asmara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk dan jenis interferensi bahasa Jawa ke dalam pemakaian bahasa Indonesia siswa sekolah dasar serta sumbangsihnya dalam pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan teori-teori yang relevan dan data-data kebahasaan berupa kata, frasa, kalimat, leksikon, dan paragraf yang mengandung interferensi bahasa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid sebagai informan serta karangan yang dihasilkan oleh siswa sekolah dasar, data diperoleh dari sekolah dasar di Kecamatan Tlogomulyo. Data kebahasaan tersebut diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik rekam dan catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode agih dan metode padan dengan teknik bagi unsur langsung (BUL) dan teknik hubung banding menyamakan hal-hal pokok (teknik HBSP). Hasil penganalisisan data tersebut ditemukan tujuh jenis interferensi bahasa, yaitu (1) Interferensi fonologi; (2) Interferensi morfologi; (3) Interferensi sintaksis; (4) Interferensi leksikal; (5) Interferensi ragam; (6) Interferensi arti; (7) Interferensi bahasa lisan. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menghindarkan dan meminimalkan terjadinya interferensi bahasa Jawa ke dalam pemakaian bahasa Indonesia siswa sekolah dasar.

Kata kunci: Interferensi, Bahasa Jawa, Siswa Sekolah Dasar, Temanggung


Full Text:

Untitled

References


Hasan Alwi, dkk. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai bahasa.

Alwasilah, A. C. (1985) . Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka setia.

Broto, A. (1978). Pengajaran Bahasa Indoensia sebagai Bahasa Kedua di Sekolah dasar Berdasarkan Pendekatan Linguistik Konstrastif. Jakarta: Bulan Bintang.

Budiarti, Any. (2013). “Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris pada Abstrak Jurnal Ilmiah". Jurnal Bahasa dan Seni. Vol. 41, No. 1, Februari 2013, diakses tanggal 5 November 2017 pada laman (https: //scholar.google.co.id/).

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineke Cipta.

Fransiskus, Adi. (2010)."Interferensi Gramatikal Bahasa Manggarai dalam Karangan Siswa Kelas XI SMA di Manggarai NTT". Skripsi. Universitas Tidar.

Ghufron, S. (2015). Kesalahan Berbahasa : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ismawati, E. (2015). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Nababan. (1984). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Mokhtar, Masruroh. (2000)."Interferensi Morfologis Penutur Bahasa Bugis dalam Berbahasa Indonesia”. Jurnal Humaniora. Vol. XII, No.2. Februari 2000, diakses pada 18 November 2017 pada (https://scholar.google.co.id/ =).

Pranowo. (1996). Analisis Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayu, Ratih. (2006) . “Interferensi Dalam Cerpen di Lampung Pos”. Jurnal Bahasa dan Seni. Vol. 7, No. 2, Edisi Oktober 2016:185—198, Diakses pada 18 November 2017, pada (https://scholar.google.co.id).

Rahmawati. (2006). "Interferensi dalam Bahasa Pejabat: Kajian Sosiolinguistik Pidato Wakil Bupati Temanggung". Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rohmadi, M. (2010). Pragmatik teori dan analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rusyana, Y. (1984). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: C.V. Diponegoro.

__________. (1988). Perihal kedwibahasaan ( Bilingualisme). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudaryanto. (2015). Metode Dan Aneka Teknik Analisa Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma Unerversity Press.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2014). Psikolinguistik. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia Sumarsono. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (1988). Pengajaran Analisis kesalahan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani, Oktarina Puspita. (2017). Campur Kode dan Alih Kode Nilai-nilai Islam dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Jurnal Transformatika, Vol. 1.No. 2, Edisi Maret 2017:74, Diakses pada 2 Februari 2018, pada laman (https://jurnal.untidar.ac.id).




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v1i2.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.