PENDEKATAN MIKROSTRUKTURAL DAN MAKROSTRUKTURAL PADA ALBUM LAGU “BEST OF THE BEST” KARYA EBIET G. ADE SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Khamimah Khamimah, Fransiscus Xaverius Samingin, Rangga Asmara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kohesi gramatikal dan leksikal, konteks situasi dan sosial budaya, serta bentuk bahan ajar kohesi gramatikal dan leksikal pada album lagu “Best of the Best” karya Ebiet G. Ade. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode simak dan teknik catat. Adapun metode analisis data yang digunakan menggunakan metode agih dan padan, serta teknik BUL (Bagi Unsur Langsung). Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa analisis mikrostruktural terdapat pengacuan, penyulihan, pelesapan, perangkaian, pengulangan, padan kata, lawan kata, sanding kata, dan kesepadanan. Adapun analisis makrostruktural pada album tersebut mengandung konteks situasi dan sosial budaya sebagai berikut: (1) Lirik lagu Untuk Kita Renungkan diciptakan oleh Ebiet dengan latar belakang terjadinya bencana berupa meletusnya gunung Galunggung di Tasikmalaya pada tahun 1982; (2) Lirik lagu Kupu-Kupu Kertas diciptakan oleh Ebiet dengan latar belakang adanya lokalisasi di daerah Kramat Tunggak yang mencapai puncak kejayaan dan menjadi lokalisasi terbesar se-Asia Tenggara; (3) Lirik lagu Masih Ada Waktu diciptakan oleh Ebiet dengan latar belakang terjadinya kecelakaan Kereta Api di Bintaro tahun 1987 yang merenggut banyak korban Jiwa; (4) Lirik lagu Elegi Esok Pagi diciptakan oleh Ebiet dengan latar belakang pengalaman masa mudanya dulu yang mencintai seorang gadis; dan (5) Lirik lagu Nyanyian Rindu diciptakan oleh Ebiet dengan latar belakang kerinduan terhadap puteri kecilnya ketika Ebiet berada di pulau Bali dan jauh dari putrinya. Hasil analisis kohesi gramatikal dan leksikal digunakan sebagai bahan ajar kebahasaan di kelas XII SMA sesuai dengan Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar (KD) 3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah, dan KD 4.4. Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan.

Kata Kunci: Lirik Lagu, Kohesi, Konteks Situasi dan Sosial Budaya


Full Text:

Untitled

References


Alwi, Hasan, dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ismawati, Esti, Faraz Umaya. (2012). Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Jorgensen, Marianne W., Louise J. Phillips. (2010). Analisis Wacana Teori & Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karyanti, Eny Dwi. (2012). “Analisis Mikro dan Makrostruktural pada Wacana Ketidakadilan adalah Beban Kita Bersama dalam Kolom Gagasan Surat Kabar Solopos Edisi Selasa, 11 Oktober 2011”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana Teori, Metode & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana. Puspaka, Aditya. (2012). (Biografi Ebiet G. Ade, Sang Maestro Balada). (adityapuspaka.blogspot.co.id/2012/10/biografi-ebiet-g-ade-sang-maestro-balada.html). Diakses pada 07Desember 2017 pukul 20:20.

Rakhmawati, Annisa, Muhammad Rohmadi, Budhi setiawan. (2015). “Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Naskah Drama Matahari Sebuah Jalan Kecil Karya Arifin C. Noor Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 3 Nomor 2, April 2015.

Sari, Ajeng Merita. (2016). “Analisis Wacana Lirik Lagu Karya Stromae Pada Album Racine Carree (Kajian Mikrostruktural dan Makrostruktural)”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suhaebah, Ebah. (2011). Kohesi dalam Tajuk Rencana. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Sulistiyono. (2011). “Analisis Mikrostruktural dan Makrostruktural Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam (Sebuah Analisis Wacana)”. Bahastra. Volume XXV Nomor 2, Maret 2011.

Sumarlam, dkk. (2003). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Syah, Moch Harun. (2016). (Cerita Lokalisasi Kramat Tunggak Ditutup Saat Puncak Kejayaan). (http://news.liputan6.com/read/2441786/cerita-lokalisasi-kramat-tunggak-ditutup-saat-puncak-kejayaannya). Diakses pada 23 Januari 2018 pukul 13:04.

Tarigan, Henry Guntur. (1993). Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Utari, Rachma. (2014). “Analisis Wacana Puisi Le Voyage Karya

Charles Baudelaire”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v1i2.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.