PERBANDINGAN ALUR NOVEL 693 KM JEJAK GERILYA SUDIRMAN DAN FILM JENDERAL SOEDIRMAN DENGAN PENDEKATAN MIMETIK

Ambar Arumsari, Yulia Esti Katrini, Rangga Asmara

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menemukan persamaan dan perbedaan dalam perbandingan alur novel 693 Km Jejak Gerilya Sudirman dan film Jenderal Soedirman dengan pendekatan mimetik serta menyusun langkah pembelajarannya. Pada pengumpulan data digunakan metode simak dan teknik catat, sedangkan dalam analisis data digunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik analisis mimetik. Analisis mimetik berarti menghubungkan peristiwa dalam karya sastra dengan peristiwa faktual di dunia nyata. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) novel 693 Km Jejak Gerilya Sudirman dan film Jenderal Soedirman memiliki persamaan alur peristiwa sebanyak 22 peristiwa, sedangkan perbedaan keduanya yaitu pada novel 693 Km Jejak Gerilya Sudirman terdapat 33 peristiwa yang menunjukkan adanya peristiwa yang memiliki kaitan dengan kejadian dalam kehidupan nyata Jenderal Sudirman dan peristiwa perang gerilya, sedangkan pada film Jenderal Soedirman terdapat 27 peristiwa yang memiliki kaitan dengan peristiwa tersebut, dan (2) penelitian ini dapat diterapkan pada kompetensi dasar 4.3 mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi di SMA kelas XII.

Kata kunci: alur, film, novel, pembelajaran


Full Text:

Untitled

References


Jufridar, Ayi. (2015). 693 Km Jejak Gerilya Sudirman. Jakarta Selatan: Noura Books. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK): Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Penulis.

Matanasi, Petrik. (2016). Misteri Kematian Jenderal Spoor. Diambil dari https://tirto.id/misteri-kematian-jenderal-spoor-bKYQ pada 31 Januari 2017.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pour, Julius. (2009). Doorstoot Naar Djokja: Pertikaian Pemimpin Sipil Militer. Jakarta: Kompas.

Ratna, Nyoman Kutha. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, Ira. (2014). Analisis Bumi Manusia Karya Pramodya Ananta Toer dengan Pendekatan Mimetik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 1.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sayono, Joko. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: dari Pragmatis ke Idealis. Sejarah dan Budaya, Vol. 7, No. 1.

Subakti, Y. R. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. SPSS,Vol. 24, No.1.

Westi, Viva. (Director). (2015). Jenderal Soedirman. [Motion Picture].




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v1i2.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.