KALIMAT MAJEMUK DALAM JUDUL SERIAL SINETRON AZAB DI INDOSIAR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARANNYA DI SMA

Indah Cahya Rahmadani, Fransiscus Xaverius Samingin, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi jenis kalimat majemuk yang digunakan dari  judul serial sinetron AZAB di Indosiar; (2) memperoleh deskripsi hubungan makna antarklausa kalimat majemuk dari judul serial sinetron AZAB di Indosiar, dan (3) mengimplementasikan pembelajaran teks ceramah yang dikembangkan dari judul serial sinetron AZAB di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sintaksis dari karakteristik kalimat majemuk dalam judul serial sinetron AZAB di Indosiar. Wujud data berupa kalimat yang merupakan jenis kalimat majemuk. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dan teknik catat. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan metode agih dan teknik bagi unsur langsung (BUL) dengan teknik lanjutan baca markah. Berdasarkan hasil analisis, dari 3 jenis kalimat majemuk dan 14 jenis hubungan makna konjungsi dan antarklausa, ditemukan masing-masing 3 jenis kalimat majemuk dan 6 hubungan makna. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA yang berkaitan dengan materi teks ceramah. Materi tersebut sesuai dengan silabus kurikulum 2013 kelas XI pada Kompetensi Dasar (KD) 3.6 menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks ceramah dan 4.6 mengkonstruksi teks ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat. Judul serial sinetron AZAB dapat digunakan sebagai contoh kalimat majemuk dan juga digunakan sebagai tema untuk membuat teks ceramah pada saat pembelajaran materi teks ceramah.

Kata Kunci: kalimat majemuk, hubungan makna, serial sinetron AZAB di Indosiar

 


Full Text:

Untitled

References


Anwas, O. M. (2010). Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.517

Aritonang, B. (2017). HUBUNGAN SUBORDINASI DAN SEMANTIS DALAM KALIMAT MAJEMUK BERTINGKAT BAHASA DAYAK LUNDAYEH. Aksara. https://doi.org/10.29255/aksara.v29i1.102.75-87

Asiah, A., Irkhaniza, M. R., & Mohamed Sharif, M. (2008). Peranan komunikasi dalam hubungan kekeluargaan. Seminar Kaunseling Keluarga.

Cahyono, A. R. I. N. U. R. (2011). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Tuturan Kru Bus Jurusan Solo-Semarang. Skripsi.

Fithriyah, N. Al. (1993). Variasi Bahasa pada Dialog Film Red Cobex: Kajian Sosiolinguistik. Skriptorium.

Hernimawati, H., Dailiati, S., & Sudaryanto, S. (2017). SOSIALISASI KEPEMIMPINAN VISIONER DI DESA LUBUK OGONG KECAMATAN BANDAR SEI KIJANG, KABUPATEN PELALAWAN. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.418

Imam, I. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas I Melalui Teknik Permainan Pesan Berantai Pada Pembalajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.62

Laily, I. F. (2014). HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR . Eduma.

Lidwina, S. (2013). Penulisan paragraf dalam karya ilmiah mahasiswa. JURNAL STIE SEMARANG.

Mbete, A. M. (2010). Strategi Pemertahanan Bahasa-Bahasa Nusantara. Seminar Nasional Pemertahanan Bahasa Nusantara.

Mushaitir, M. (2016). PEMEROLEHAN SINTAKSIS (B1) BAHASA “SASAK” PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI LOMBOK TIMUR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3060

Nadia. (2013). ANALISIS PUEBI DALAM SKRIPSI MAHASISWA AKUNTANSI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AHMAD DAHLAN JAKARTA TAHUN 2013. 1.

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Nurwansah, I., Sudaryat, Y., & Ruhaliah, R. (2018). KALIMAT BAHASA SUNDA DALAM TEKS PROSA SUNDA KUNO ABAD KE-16 (Analisis Struktur dan Semantis). LOKABASA. https://doi.org/10.17509/jlb.v8i2.14199

Octaviana, D. W. (2018). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL UHIBBUKA FILLAH (AKU MENCINTAIMU KARENA ALLAH) KARYA RIRIN RAHAYU ASTUTI NINGRUM: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal KATA. https://doi.org/10.22216/jk.v2i2.3334

Pancarrani, B. (2017). Analisis Ragam Kalimat dan Level Kemahiran Menulis Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Jurusan ASEAN STUDIES WALAILAK Universitas Thailand. P.162-172.

Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & Fauziya, D. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Di Kelas X Smk Lentera Bangsa. Parole.

Piliang, Y. A. (2004). Semiotika Teks :Sebuah Pendekatan Analisis Teks. MediaTor. https://doi.org/10.29313/MEDIATOR.V5I2.1156.G715

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. Teknik Analisis Data Dalam Research And Development.

Puspasari, G., Murtadlo, F., & Supriyana, A. (2016). HUBUNGAN MAKNA ANTARKLAUSA DALAM KOLOM SENO GUMIRA AJIDARMA PADA BUKU “KENTUT KOSMOPOLITAN.” Arkhais - Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.21009/arkhais.071.06

Rosmawati Harahap, N. L. (2018). TUTUR SAPA BAHASA MELAYU DALAM SYAIR PUTRI HIJAU KARANGAN ABDUL RAHMAN 1955. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA. https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.181

Rozita Radhiah Said. (2012). Penyampaian Lisan dalam Pengajaran Karangan Guru Cemerlang Bahasa Melayu untuk Murid-murid Tingkatan Empat.

Setiawan, M. (2007). Strategi Pengembangan UKM Berdasarkan Sektor Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Seminar Internasional Simposium Kebudayaan Indonesia-Malaysia Ke-X.

Setiyanugroho.wordpress.com. (2012). PEDOMAN DESAIN GRAFIS.

Siregar, U. A. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA BATAK MANDAILING PADA ANAK USIA 3 TAHUN 6 BULAN DITINJAU DARI SEGI SINTAKSIS. EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11705

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

SUMARNI, H. (2016). KALIMAT DALAM SISINDIRAN DAN WAWANGSALAN ANYAR KARYA DÉDY WINDYAGIRI (Kajian Struktur dan Semantik). LOKABASA. https://doi.org/10.17509/jlb.v7i1.3405

Susilana, R. (2014). PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERDASARKAN KAJIAN TEORI PSIKOLOGI BELAJAR. EDUTECH. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095

Vuri, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE.”

Yulanda, S. dkk. (2015). Kalimat Majemuk Pada Novel Rantau 1 Muara dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar. Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya).




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i2.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.