JENIS-JENIS PERMAINAN BAHASA PADA TATARAN BUNYI KATA, BENTUK KATA, DAN MAKNA KATA DALAM KOMIK CIAYO COMICS DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT DI SMA

Akhmad Syaiful Anas, Fransiscus Xaverius Samingin, Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya bahan ajar dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu bahan ajar pembelajaran yang dapat digunakan di sekolah adalah dengan bahan ajar menggunakan komik. Bahan ajar komik dapat digunakan sebagai pembelajaran pada unsur kebahasaan, yaitu teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan jenis-jenis permainan bahasa pada tataran bunyi kata dalam komik di Ciayo Comics (2) memaparkan jenis-jenis permainan bahasa pada tataran bentuk kata, (3) memaparkan jenis-jenis permainan bahasa pada tataran makna kata, dan (4) mengimplementasikan bahan ajar pembelajaran teks anekdot yang dikembangkan dari jenis-jenis permainan bahasa dalam komik Ciayo Comics. Agar dapat mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan sumber data komik pada aplikasi Ciayo Comics. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dan teknik catat. Kemudian data dianalisis menggunakan metode padan intralingual dan metode ekstralingual, sedangkan tekniknya menggunakan teknik hubung banding menyamakan (HBS), hubung banding membedakan (HBB), dan hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Berdasarkan penelitian, ditemukan 27 data jenis-jenis permainan bahasa pada komik di Ciayo Comics. Permainan bahasa tersebut adalah permainan bahasa pada tataran bunyi kata yaitu berupa zeroisasi, anaptikis dan substitusi bunyi. Jenis permainan bahasa pada tataran bentuk kata yaitu akronim, reduplikasi, dan singkatan, dan pada tataran makna kata berupa homonimi dan polisemi.

Kata Kunci: permainan bahasa, komik, anekdot, Ciayo Comics


Full Text:

Untitled

References


Agustine, F. K. (2019). Plesetan dalam wacana meme di instagram sebagai gejala dekonstruksi bahasa dan implementasinya pada pembelajaran anekdot di SMA. Magelang: Universitas Tidar.

Andriyan, B. E. (2018). Implikatur wacana dibalik bak truk kajian pragmatik dan sebagai bahan ajar menulis teks anekdot di SMA. Retrieved from: http://repositori.untidar.ac.id/repositori/index.php?p=show_detail&id=8302&keywords=andriyan.

Chaer, A. (2008). Morfologi bahasa Indonesia (pendekatan proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2007). Pengantar semantik bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, N. K. A. Martha, I. N. & Gunatama, G. (2014). Pembelajaran menulis teks anekdot berpendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada siswa kelas x tata kecantikan kulit 1 di SMK negeri 2 Singaraja. Retrieved from: https://www.academia.edu/28453687/Pembelajaran_Menulis_Teks_Anekdot_Pada_Mata_Pelajaran_Bahasa_Indonesia_Dalam_Kurikulum_2013_Di_Kelas_X.A_Akuntansi_Smk_Negeri_1_Singaraja.

Fatonah, N. (2013). Permainan bahasa wacan humor pada akun meme di Instagram. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/29003/3.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia utama.

Kridalaksana, H. (2009). Pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Mahsun, (2017). Metode penelitian bahasa (tahapan, strategi,metode, dan tekniknya). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyati, L. (2016). Media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Retrieved from: http://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/view/9560/pdf.

Muslich, M. (2014). Fonologi bahasa Indonesia tinjauan deskriptif sistem bunyi bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pateda, M. (2010). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputri, D. (2015). Permainan bahasa pada plat nomor kendaraan bermotor. Retrieved From: https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/kreasi/article/view/90.

Santoso, S. (2012). Permainan bahasa pada stiker sepeda motor. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/21866/12/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf.

Sudarsono, S. C. (2013). Permainan bahasa dalam wacana gombal. Retrieved from http://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis/article/view/984.

Sudaryanto, (2015). Metode dan teknik analisis bahasa: pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sumarlam. (2003). Teori dan Praktik analisis wacana. Solo: Pustaka Cakra Surakarta.

Trisnawati, Gunawan, & Nongkeng, H. (2016). Perbandingan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMA 1 Sinjai Utara. Retrieved from: https://journal.stieamkop.ac.id.

Wijana, I. D. P., & Rohmadi, M. (2009). Analisis wacana pragmatik kajian teori dan analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Wijana, I.D.P., (2010). Pengantar semantik bahasa indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijayanti, A., & Shalima, I. (2018). Homonimi dan polisemi pada unggahan jenaka di Instagram. Retrieved from: http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika/article/view/867/pdf.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i1.774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.