JENIS DAN FUNGSI PRONOMINA PENUNJUK PADA KALIMAT MAJEMUK SETARA DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Septianingrum Septianingrum, Hari Wahyono, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh deskripsi jenis pronomina penunjuk pada kalimat majemuk setara dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari, (2) memperoleh deskripsi fungsi pronomina penunjuk pada kalimat majemuk setara dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari, serta (3) menghasilkan bahan ajar bahasa tentang pronomina penunjuk pada kalimat majemuk setara dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Metode pengumpulan data yang diterapkan yakni metode simak dengan teknik pengumpulan data berupa teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode agih dan teknik analisis data menggunakan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; (1) terdapat jenis pronomina penunjuk, yakni pronomina penunjuk umum dan pronomina penunjuk tempat; (2) terdapat fungsi pronomina penunjuk yakni pronomina penunjuk berfungsi sebagai penegas, penanda nomina, perujuk hal yang telah disebutkan, dan penunjuk lokasi. Hasil penelitian dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar kebahasaan dalam pembelajaran teks eksposisi kelas X semester ganjil di SMA.

Kata kunci: pronomina penunjuk, kalimat majemuk setara, Arah Langkah, teks eksposisi.


Full Text:

Untitled

References


Adriani, A. (2018). Analisis penggunaan referensi pada teks eksposisi dalam buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/10415/

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., dan Moeliono, A. M. (2010). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Besari, Fiersa. (2018). Arah langkah. Jakarta: Mediakita

Budiarti, E. A. (2015). Pengacuan dalam wacana tulis di facebook. Semantik, 1(1). DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.1.1.%25p

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. (2013). Pengantar semantik bahasa indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. (1983). Beberapa aspek linguistik Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Djajasudarma, Fatimah. (2013). Semantik 2 relasi makna paradigmatik, sintagmatik, dan derivasional. Bandung: Refika Aditama.

Fitri. (2018). Jenis pronomina pada kalimat interogatif dalam wawancara Kick Andy dengan tema karsa berbuah karya dan formulasinya sebagai bahan ajar di SMA. Skripsi. Universitas Tidar.

Hasrul. (2016). Pronomina penunjuk lokatif bahasa Tolaki. Jurnal Bastra, 2(1). Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1513

Hernawan, A. H., Permasih, H., dan Dewi, L. (2012). Pengembangan bahan ajar. Direktorat UPI. Bandung. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197706132001122-LAKSMI_DEWI/BAHAN_KULIAH_PBA/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf

Lestari, A.S. (2014). Pembuatan bahan ajar berbasis modul pada matakuliah media pembelajaran di jurusan tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. Al-Ta’dib, 7(2), 154-176. Retrieved from http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/323/313

Lyons, John. (1995). Pengantar teori linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Martinet, Andre. (1987). Ilmu bahasa: pengantar. Yogyakarta: Kanisius.

Nur’aini, H.I.M., Saddhono, K., dan Ulya, C. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks eksposisi (studi kasusu di kelas x smk negeri 1 karanganyar). Jurnal BASASTRA. Vol. 3, No. 3. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/7809

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Oktaria,D., Andayani, NFN., dan Saddhono, K., (2017). Penguasaan kalimat efektif sebagai kunci peningkatan keterampilan menulis eksposisi. Jurnal Metalingua. Vol. 15, No. 2. DOI : http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v15i2.63

Pangesti, F. (2012). Pengembangan bahan ajar pendidikan berpikir (kritis dan kreatif) berbahasa indonesia SMA melalui pembelajaran lintas mata pelajaran. Universitas Negeri Malang, 1-11. Retrieved from http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel285C26E2B1E88FF769234C6254865E8A.pdf

Partami, N. L. (2016). Pronomina penunjuk dalam bahasa Bali. Aksara, 28(1),111-120. Retrieved from http://aksara.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/aksara/article/view/22/19

Ramlan. (2005). Ilmu bahasa indonesia sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Setyoko, Wiwit Arif. (2016). Penggunaan pronomina dalam teks berita politik surat kabar suara merdeka edisi juli 2015 dan pengajarannya di SMA. Skripsi. Universitas Tidar.

Solani, E.M., Zakiyyah, Y. S., dan Fatahunisa, N. A. (2018). Syok budaya dalam novel arah langkah karya fiersa besari. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA). Vol. 2, No. 2. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/2226

Sorraya, A. (2014). Pengembangan bahan ajar teks prosedur kompleks dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas X SMK. NOSI, 2(2), 21-25. Retrieved from http://www.pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2014/09/2.-Artifa-Sorraya-13-28.pdf

Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Susanti, A. A. (2013). Penanda referensial dalam novel kenja ketula-tula karya widi widajat. Piwulang Jawa : Javanese Learning and Teaching Journal, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/piwulang/article/view/2397

Syamsuddin, A.R. dan Damaianti, V.S. (2015). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widjono Hs. (2007). Bahasa indonesia mata kuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i1.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.