PERAN TOKOH ALFIE DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT PADA NOVEL ISRA’ MI’RAJ CINTA KARYA ROHMAT NURHADI ALKASTANI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

Rini Karyani Asmara, Yulia Esti Katrini, Imam Baihaqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan peran tokoh Alfie dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat pada novel Isra’ Mi’raj Cinta karya Rohmat Nurhadi Alkastani, serta mengimplementasikan pembelajaran peran tokoh Alfie dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat di SMA. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dilanjutkan dengan teknik kartu data. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik dan teknik analisis data yang disesuaikan dengan metode analisis data yaitu menganalisis teks dari novel. Hasil penelitian ini menunjukkan ada dua hal yang dilakukan oleh Alfie dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pertama, peran Alfie secara langsung yaitu sebagai pengamalan ilmu, tanggung jawab, penasihat, motivator, rela berkorban, penolong, dan pembimbing. Kedua, peran Alfie secara tidak langsung adalah sebagai orang bertanggung jawab, penasihat, penolong, motivator, inspirator, dan dermawan. Penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA tepatnya dalam silabus kelas XII Kurikulum 2013 revisi tahun 2016 KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan yang difokuskan pada materi pembelajaran analisis unsur ekstrinsik dalam novel dengan tahap pembelajaran apresiasi sastra berupa mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan.

Kata Kunci: Peran, Novel, Masyarakat, Implementasi Pembelajaran di SMA


Full Text:

Untitled

References


Airtanah, A. (2014). Bab ii kajian teori. Bab Ii Kajian Teori. https://doi.org/10.3168/jds.2017-13062

Darmadi. (2014). Nilai-nilai karakter dalam novel ladang perminus karya ramadhan k.h. (The character values in ladang perminus novel by ramadhan k.h.). Jurnal Bahasa, Satra, dan Pembelajarannya.

Hadi, D. C. (2015). Pengembangan bahan ajar memahami hikayat bermuatan nilai-nilai moral untuk peserta didik SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.15294/seloka.v4i1.6851

Hidayat, R. (2018). Aspek sosiologi sastra dalam novel menggapai matahari karya dermawan wibisono. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4855

Indrawan, I. (2018). Model pembelajaran nabi Muhammad SAW (Hiwar , Analogi , Tashbih, dan Amtsal). Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v1i2.43

Karya, L., & Pangastuti, A. (2013). Kajian sosiologi sastra tokoh Utama dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti B.N. Andan. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahsa Dan Sastra Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Koyan, I. W. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. UNDIKSHA Singaraja. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Lawz, F. P. (2016). Sekilas Mengenai Tata Ruang Kota Gede Yogyakarta.

Mahfiana, L. (2016). Perlindungan hukum terhadap tersangka anak sebagai upaya untuk melindungi hak asasi anak (Studi di Wilayah Kepolisian Resot Kabupaten ponorogo). Kodifikasia. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v5i1.221

Marantika, J. E. R. (2014). Drama dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Tahuri.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II. https://doi.org/10.1111/nph.14247

Muhtadi. (2017). Peran orang tua terhadap pembinaan akhlak anak dalam perspektif pendidikan islam. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya FAI Undar Jombang.

Muslimin. (2011). Modernisasi dalam novel belenggu karya armijn pane “Sebuah kajian sosiologi sastra.” Bahasa, Sastra, Dan Budaya.

Nurhidayah, D. A. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.2426/DPP.V3I2.%Y.PP%

Nurhuda, T. A., Waluyo, H. J., & Suyitno. (2017). Novel simple miracles karya ayu utami serta relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA. Teguh Alif Nurhuda , Herman J . Waluyo , Suyitno. Jurnal Ilmiah Didaktika.

Purwanto, E., & Yuliana, M. E. (2016). Penerapan animasi pertunjukan wayang sebagai media pendidikan budi perkerti dan memperkenalkan budaya bangsa kepada anak usia dini. Jurnal Sainstech. https://doi.org/10.5802/aif.2338

Raihan Che Nawi, N., & Asmuni Fakulti Pengajian Pendidikan, A. (2013). Motivasi sukarelawan terhadap penglibatan dalam kerja sukarela di yayasan salam malaysia. Seminar Pasca Siswazah Dalam Pendidikan (GREDUC 2013).

Santi. (2014). Metode dan prosedur penelitian. E-Journal. https://doi.org/10.1016/j.ijepes.2012.06.026

Sarmianti, S. (2018). Pengukuhan mitos pada cerpen bambang kariyawan. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.31503/madah.v7i1.444

Sumantri, B. (2011). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP PGRI ngawi. Media Prestasi.

Supian, Ishak, M., & Rahman, K. A. (2015). Pembinaan pendidikan karakter berbasis agama bagi gurumadrasah ibtidaiyah (MI) dan diniyyah takmiliyyah awwaliyah (DTA) di Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Syafrudin, C., & Pujiyono, W. (2013). Pembuatan film animasi pendek “dahsyatnya sedekah” berbasis multimedia menggunakan teknik 2D hybrid animation dengan pemanfaatan graphic. Jurnal Sarjana Teknik Informatika.

Wan Razab, W. N., & Othman, N. (2011). Tahap motivasi dan punca tekanan guru yang melanjutkan pengajian. Jurnal Kemanusiaan.

Wijanarti, T. (2018). Perubahan identitas sosial tokoh ayuh dalam dua novel karya sandi firly. Aksara. https://doi.org/10.29255/aksara.v29i1.101.63-74

Yullianingtyas, E. H., & Arif, D. B. (2015). Sikap nasionalisme anggota karang taruna desa karanglo argomulyo sedayu bantul yogyakarta. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i1.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.