IMPLIKATUR DALAM IKLAN ROKOK DI TELEVISI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Pertiwi Juli Astuti, Mursia Ekawati, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah: (1) memperoleh deskripsi implikatur pada iklan rokok yang ada di televisi; dan (2) memperoleh rancang bangun pembelajaran berdasarkan iklan rokok yang ada di televisi. Untuk mencapai tujuan maka penelitian ini menggunakan teori mengenai jenis implikatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan iklan rokok secara implikatur. Data yang digunakan adalah iklan rokok di televisi yang dikumpulkan dengan metode simak bebas libat cakap, lalu dilanjutkan dengan menandai, mencatat, mengkode, dan mereduksi data. Data yang dikumpulkan lalu dianalisis menggunakan metode padan untuk dapat menganalisis tuturan-tuturan dalam iklan rokok dan teknik pilah unsur penentu (PUP) untuk memilah-milah satuan kebahasaan yang dianalisis agar mengetahui implikaturnya. Hasil dari penelitian ini ditemukan jenis implikatur dalam iklan rokok. Dilihat dari jenis implikaturnya ada dua jenis implikatur yaitu implikatur konvensional dan implikatur non-konvensional yang masing-masing terdapat 10 data. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran iklan, tepatnya pada KD 3.3 mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.3 menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (yang membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik dengan menerapkan 5M yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan.

Kata kunci: implikatur, jenis implikatur, iklan rokok di televisi.


Full Text:

Untitled

References


A.S., A. B. (2014). Periode perkembangan media massa. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media. https://doi.org/10.31445/jskm.2014.180107

Af, M. A. F. (2012). Memahami nahwu dengan pendekatan filsafat.

Andrian, M. Y., Purwanto, D., & Mardiyanto, R. (2017). Penerjemahan bahasa isyarat indonesia menggunakan kamera pada telepon genggam android. Jurnal Teknik ITS. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i1.21981

Cahyani, D. N., & Rokhman, F. (2017). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam

Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik. Seloka:

Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6 (1), 44–52.

Gulo, M. I., & Ritonga, M. U. (2017). Implikatur percakapan di lapas wanita kelas ii a medan. Kode: Jurnal Bahasa. https://doi.org/10.24114/kjb.v6i4.10838

Imah, M. T., & Purwoko, B. (n.d.). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Neuro

Linguistic Programming (Nlp) dalam Lingkup Pendidikan.

Iswahyudi, C., Setyaningsih, E., & Widyastuti, N. (2012). Pengamanan kunci enkripsi citra pada algoritma super enkripsi menggunakan metode end of file. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III.

Listiyorini, A. (2013a). Eksistensi bahasa daerah dan bahasa indonesia dalam persaingan global. Universitas Negeri Yogyakarta.

Listiyorini, A. (2013b). Eksistensi bahasa daerah dan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi dalam persaingan global. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lukmantoro Taufik; Kurniasari, Triliana, T. S. (2013). Eksistensi graffiti sebagai media ekspresi subkultur anak muda. Interaksi Online.

Pradekso Anggi Pramesthi; Ulfa, Nurist Surayya, T. K. (2013). Hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman pesan kampanye sosial light on dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor. Interaksi Online.

Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2016). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi

Pembelajaran Bahasa Jawa di Smp N 1 Banyumas. LingTera.

https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2591

Saefudin. (2013). Pendekatan pragmatik dalam mendukung kemampuan komunikasi lisan. Al-Turāṡ, XIX (1), 1–12.

Sandra, M., & Dewi, R. (2019). Islam dan etika bermedia (kajian etika komunikasi netizen di media sosial instagram dalam perspektif islam). Research Fair Unisri.

Santoso, W., Hermintoyo, M., & Tiani, R. (2012). Pelanggaran prinsip kerja sama, implikatur percakapan, dan tema dalam wacana humor politik. SulukIndo.

Sugianto, N., & Samopa, F. (2015). Analisa manfaat dan penerimaan terhadap implementasi bahasa isyarat indonesia pada latar belakang komplek menggunakan kinect dan jaringan syaraf tiruan ( studi kasus slb karya mulia 1 ). Juisi.

Supria, S., Herumurti, D., & Khotimah, W. N. (2016). Pengenalan sistem isyarat bahasa indonesia menggunakan kombinasi fitur statis dan fitur dinamis lmc berbasis l-gcnn. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi.

https://doi.org/10.12962/j24068535.v14i2.a574

Yamlean, P. V. Y., World Health Organization, Tondok, A. R., Kallo, R., Halifah, J., Supraptini, … Ardial. (2014). Paradigma dan model penelitian komunikasi. Jurnal Kesehatan Masyarakat. https://doi.org/ISSN 1858-1196

Yanni, R. P. (2018). Persepsi mahasiswa ppkn tentang pelaksanaan dan kebijakan uang kuliah tunggal di universitas negeri padang. Journal of Civic Education. https://doi.org/10.24036/jce.v1i1.6

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media pembelajaran anak usia dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i1.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.