TRADISI GEMBLAK DALAM NOVEL TEMBANG TOLAK BALA KARYA HAN GAGAS TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

Siti Wahyu Wulandari, Budiono Budiono, Irsyadi Shalima

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tradisi gemblak yang terdapat dalam novel Tembang Tolak Bala karya Han Gagas, dan menyusun rancang bangun pembelajaran apresiasi sastra novel di SMA mengenai tradisi gemblak dalam novel Tembang Tolak Bala. Penelitian ini menggunakan tinjauan sosiologi sastra yang berfokus pada sastra sebagai cermin masyarakat didasarkan pada beberapa teori milik Ratna, Faruk, dan Wiyatmi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Tembang Tolak Bala karya Han Gagas. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, dengan teknik simak catat. Metode analisis datanya menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini berupa bentuk tradisi gemblak yang terdapat dalam novel Tembang Tolak Bala meliputi (1) eksistensi tradisi gemblak, (2) warok, (3) gemblak, (4) lamaran gemblak, (5) hubungan warok dan gemblak, (6) warok dan reog, (7) akhir status gemblak. Selain itu, hasil penelitian ini juga diimplementasikan dalam bentuk rancang bangun pembelajaran apresiasi satra yang berisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  kurikulum 2013 kelas XII semester genap menggunakan pendekatan saintifik. Tepatnya KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan KD 4.9 merancang novel dengan memperhatikan isi dan kebahasaan.

Kata Kunci: sosiologi sastra, tradisi gemblak, novel Tembang Tolak Bala


Full Text:

Untitled

References


Akbar, S. (2013). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.

Asmarani, R., & Santoso, B. (2014). Pemanfaatan online dictionary dalam menterjemahkan teks prosedur Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris. In Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014 (SEMANTIK 2014).

Dewi, R. K. (UNS). (2009). Kekuatan Pembuktian Audit Investigasi oleh BPK dan BPKP sbg Keterangan Ahli thd Penanganan TIPIKOR. Fakultas Hukum Universitas Sebelas MAret. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Handono, O. T., & Bashori, K. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap stres lingkungan pada santri baru. Jurnal Fakultas Psikologi.

Hidayanto, A. F. (2012). Topeng reog ponorogo dalam tinjauan seni tradisi. Eksis.

Koesnandar, A. (2018). PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADA SEKOLAH DI DAERAH 3T PAPUA DAN PAPUA BARAT MELALUI PENDAMPINGAN JARAK JAUH. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p177--198

Koyan, I. W. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. UNDIKSHA Singaraja. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Kusdiana, A. (2010). Pembelajaran apresiasi sastra cerita terpadu model connected untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

M. Arif Khoiruddin. (2014). Pendekatan Sosiologi Dalam Studi Islam. Tribakti :Jurnal Pemikiran Keislaman.

Mabrur, M. A. (2016). PENGARUH KARYA SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DALAM TRADISI KAJIAN KITAB KUNING (KITAB KLASIK) DI PESANTREN BUNTET. TAMADDUN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Octaviana, D. W. (2018). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL UHIBBUKA FILLAH (AKU MENCINTAIMU KARENA ALLAH) KARYA RIRIN RAHAYU ASTUTI NINGRUM: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal KATA. https://doi.org/10.22216/jk.v2i2.3334

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.1360/zd-2013-43-6-1064

Rahmat, S. P. (2009). Penelitian Kualitatif. Penelitian Kualitatif.

Sari, D. A. A. (2018). SELAMETAN KEMATIAN DI DESA JAWENG KABUPATEN BOYOLALI. Haluan Sastra Budaya. https://doi.org/10.20961/hsb.v1i2.15188

Sepiolita, R. T. (2017). Ritual Mengambik Tanah Dalam Upacara Tabut di Kota Bengkulu. Jurnal Seni Tari.

Slamet Riyadi, Riza Azyumarridha Azra, R. S. dan T. K. H. (2014). Deteksi Retak Permukaan Jalan Raya Berbasis Pengolahan Citra Dengan Menggunakan Kombinasi Teknik Thresholding, Median Filter dan Morphological Closing. Simpsium Nasional Teknologi Terapan.

Sopini, P. (2014). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PELANGGAN SPEEDY PADA PT. TELKOM JAMBI. JURNAL ILMIAH DIKDAYA.

Sussanti, R. (2013). UPAYA PENANAMAN RASA CINTA BUDAYA INDONESIA MELALUI KELAS PAGUYUBAN PEMINAT SENI TRADISI (PPST) KELAS VIII PPST DI SMP NEGERI 4 KOTA MALANG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang.

Thaib, E. J. (2018). DAKWAH KULTURAL DALAM TRADISI HILEYIA PADA MASYARAKAT KOTA GORONTALO. Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.436

Verulitasari, E., & Cahyono, A. (2016). Nilai Budaya Dalam Pertunjukan Rapai Geleng Mencerminkan Identitas Budaya Aceh. Catharsis : Journal of Arts Education.

Wahyu Wiranata, A. D., & Nurcahyo, A. (2018). Peranan Gemblak Dalam Kehidupan Sosial Tokoh Warok Ponorogo. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i01.2036

Widyanti, T. (2015). Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Budaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.

Y.Tyas Catur Pramudi, Fikri Budiman, Sunardi. (2010). Desain Virtual Gamelan Jawa Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i2.762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.