INTERAKSI MANUSIA DENGAN ALAM: TINJAUAN EKOKRITIK SASTRA PADA KUMPULAN CERPEN LINGKUNGAN MONYET-MONYET TSUNAMI KARYA SULUNG PRASETYO DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Savina Ambarini Igayanti, Mursia Ekawati, Irsyadi Shalima

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai hubungan atau interaksi manusia dengan alam pada kumpulan cerpen lingkungan Monyet-Monyet Tsunami. Pemilihan kumpulan cerpen lingkungan Monyet-Monyet Tsunami karya Sulung Prasetyo dilatarbelakangi oleh permasalahan lingkungan yang menjadi daya tarik karena adanya hubungan atau interaksi antara manusia dengan alam yang belum banyak diteliti dalam kumpulan cerpen lingkungan tersebut. Penelitian ini lebih menekankan pada hubungan timbal balik atau interaksi antara manusia dengan kehidupannya, baik hubungan manusia dengan alam, manusia dengan tumbuh-tumbuhan, maupun manusia dengan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hubungan atau interaksi manusia dengan alam yang terdapat dalam kumpulan cerpen lingkungan Monyet-Monyet Tsunami karya Sulung Prasetyo dan (2) mengimplementasikan hubungan atau interaksi manusia dengan alam yang terdapat dalam kumpulan cerpen lingkungan Monyet-Monyet Tsunami karya Sulung Prasetyo dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Objek data dalam penelitian ini adalah hubungan atau interaksi manusia dengan alam yang terdapat dalam kumpulan cerpen lingkungan Monyet-Monyet Tsunami. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dan teknik yang digunakan adalah teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dan menggunakan pendekatan ekologi sastra. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya hubungan atau interaksi manusia dengan kehidupannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan atau interaksi manusia dengan alam dapat berupa simbiosis mutualisme, komensalisme, atau parasitisme. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran sastra di SMA kelas XI, terutama pada KD 3.8 dan 4.8.

Kata kunci: kumpulan cerpen, interaksi, ekologi, ekokritik sastra, implementasi


Full Text:

Untitled

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. (2016). KBBI Online Edisi Kelima. 12 April 2018. https://play.google.com

Chandra, Afry Adi. (2017). Ekokritik dalam Cerpen Indonesia Mutakhir. Jurnal Pena Indonesia (JPI). Vol. 3, No.2, Oktober 2017/ISSN: 22477-5150, e-ISSN: 2549-2195.

Dewi, Novita. (2015). Manusia dan Lingkungan dalam Cerpen Indonesia Kontemporer: Analisis Ekokritik Cerpen Pilihan Kompas. Jurnal Litera. Vol.14, Oktober 2015. Hlm. 376-391.

Endraswara, Suwardi. (2016). Konsep, Teori, dan Terapan. Yogyakarta: Morfalingua.

Endraswara, Suwardi. (2016). Metodologi Penelitian Ekologi Sastra: Konsep, Langkah, dan Penerapan. Yogyakarta: Caps Center for Academic Publishing Service.

Farida, Devi Nur. (2017). Kritik Ekologi Sastra Puisi Perempuan Lereng Gunung Karya Ika Permata Hati dalam Antologi Puisi Perempuan di Ujung Senja Melalui Ekofeminisme Susan Griffin. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. Hlm. 48-52.

Fauzi, Ammar Akbar. (2015). Kritik Ekologi dalam Kumpulan Cerpen Kayu Naga Karya Korrie Layuan Rampan Melalui Pendekatan Ekokritik. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ibrahim, R. & Syaodih Nana. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kaswadi. (2015). Paradigma Ekologi dalam Kajian Sastra. Jurnal Paramasastra. Vol. 2, No. 2/p-ISSN: 2355-4126, E-ISSN: 2527-8754.

Mokhammad. (2018). Artikel Pendidikan dan Referensi Ilmu Pengetahuan Umum. 26 Agustus 2019. https://www.haruspintar.com

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prasetyo, Sulung. (2018). Kumpulan Cerpen Lingkungan Monyet-Monyet Tsunami. 24 Mei 2019. https://play.google.com/books

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik penelitian Sastra: Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilo, Ragil. (2017). Kajian Ekologi Sastra Cinta Semanis Racun 99 Cerita dari 9 Penjuru Dunia Terjemahan Anton Kurnia. NOSI. Vol. 5, No. 5, Agustus 2017.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i2.760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.