JENIS, BENTUK, DAN POLA PENGKLITIKAN PADA KLAUSA LENGKAP DALAM TAJUK RENCANA KORAN SUARA MERDEKA EDISI NOVEMBER 2018 DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Maryam Alvi Nur Fathina, Hari Wahyono, Ayu Wulandari

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui jenis, bentuk, dan pola pengklitikan yang terjadi pada klausa lengkap dalam tajuk rencana koran Suara Merdeka edisi November 2018 dan implementasinya sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik tandai dan catat untuk fase penyediaan data. Objek dalam penelitian ini adalah tajuk rencana koran Suara Merdeka edisi November 2018 dengan lokus klausa lengkap. Hasil penelitian kemudian dikembangkan menjadi bahan ajar materi kebahasaan pada kompetensi dasar 3.6 dan 4.6 mengenai teks editorial siswa SMA kelas XII semester 1 yang berwujud buku ajar. Berdasarkan hasil penelitian, fenomena pengklitikan terjadi dengan klasifikasi sesuai jenis, bentuk, dan polanya pada klausa lengkap sebagai lokusnya. Fenomena pengklitikan yang ditemukan dalam tajuk rencana didapatkan hanya satu jenis pengklitikan saja, yaitu jenis enklitik. Adapun klasifikasi bentuk klitik untuk jenis enklitik ditemukan 5 bentuk klitik, yaitu klitik –pun, -lah, -kah, -nya, dan -isme dengan pola pengklitikan yang dirumuskan berdasar pada kelas kata yang diikutinya. Masing-masing bentuk klitik memiliki pola sesuai dengan bentuk, posisi melekat, dan juga dapat melekat pada kelas-kelas kata tertentu. Klitik –pun hanya ditemukan dapat melekat pada kelas kata berupa kata tanya, klitik –lah dapat melekat pada kelas kata verba, adverbia, dan pronomina, klitik –kah dapat melekat pada kelas kata verba, adverbia, pronomina, dan kata tanya, klitik –nya hanya melekat pada kelas kata nomina, dan klitik –isme dapat melekat pada kelas kata adjektifa dan nomina.

Kata Kunci: pengklitikan, klausa lengkap, tajuk rencana, bahan ajar


Full Text:

Untitled

References


Aritonang, B. (2018). Klitik Klausa Pasif Bahasa Manggarai Dialek Barat Buha Aritonang. Buletin Al-Turas. https://doi.org/10.15408/bat.v24i1.7191

Bubenik, V. (2010). Inflectional Morphology and Clitics in Functional Grammar: Typology and Diachrony. DiachronicaDiachronica International Journal for Historical Linguistics. Founded by E.F.K. Koerner, General Editor, 1984–2001. https://doi.org/10.1075/dia.10.2.02bub

Dr Wan Mohd Khairul Firdaus Wan Khairuldin. (2010). Analisis Data Kualitatif. Penyelidikan Dalam Pendidikan.

Fitri yanti. (2012). Jurnal pendidikan. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. https://doi.org/Lehrstuhlbib

Gultom, J. J. (2012). PEMANFAATAN MEDIA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Pendidikan.

Hanafi, H. (2009). POLA KONSTRUKSI KLlTtK BAHASA TOLAKl. Humaniora.

Hermaji, B., Persatuan, P. K., & Zulfan. (2013). Penggunaan Bahasa Alay Pada Sms Di Kalangan Remaja. Cakrawala.

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2007). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. DIKTI Kemdiknas. https://doi.org/10.1177/095207670201700304

Kustiyahningsih, Y., Purnama, J., Madura, U. T., & Engineers, E. (2013). Aplikasi M-Learning Sekolah Berbasis Learning Technology System Architecture (LTSA). Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVIII.

Luki Erlistina. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.

M.Rangga. (2006). Pengaruh motivasi diri terhadap kinerja belajar mahasiwa. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Mushaitir, M. (2016). PEMEROLEHAN SINTAKSIS (B1) BAHASA “SASAK” PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI LOMBOK TIMUR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3060

Nasrun AR. (2015). Psikologi Belajar. Al–Fikrah: Julnal Kependidikan Islam2.

Nurainun, A., & Ritonga, S. (2018). Analisis Perbandingan Isi Tajuk Rencana Surat Kabar Harian Analisa dan Waspada Edisi 1-31 Agustus 2016. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area. https://doi.org/10.31289/jppuma.v5i1.996

Nurjaya, G. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN APLIKATIF MAHASISWA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4490

Pastika, W. (2012). KLITIK –NYA DALAM BAHASA INDONESIA. Adabiyyat.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. PLoS Medicine. https://doi.org/10.1016/j.burns.2014.02.013

Setiawan, I. (2017). Nilai UN SD/SMP/SMA Jatim alami penurunan.

Setyawati, D. L., Rahayuningsih, M., & Ahmad, T. A. (2013). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Indonesian Journal of Conservation. https://doi.org/10.1080/15398285.2016.1201787

Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 13 Semarang. Skripsi.

Subiyatningsih, F. (2018). SIKAP BAHASA REMAJA: KASUS PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA DALAM RUBRIK “DETEKSI” JAWA POS. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.31503/madah.v7i2.424

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra.

Zwicky, A. M., & Pullum, G. K. (2006). Cliticization vs. Inflection: English N’T. Language. https://doi.org/10.2307/413900




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i2.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.