KONFLIK BATIN TOKOH LASIH DALAM NOVEL MENGAPA AKU CANTIK KARYA WAHYU SUJANI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Anggun Fitria Anindhi, Mursia Ekawati, Dzikrina Dian Cahyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan konflik batin yang dialami oleh tokoh Lasih dalam novel Mengapa Aku Cantik karya Wahyu Sujani (2) menyusun implementasi pembelajaran sastra tentang konflik batin tokoh Lasih dalam novel Mengapa Aku Cantik karya Wahyu Sujani di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode baca. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat dan teknik simak. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan teknik analisisnya menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 4 konflik mendekat-mendekat (approach-approach conflict), 4 konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict), dan 2 konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflict). Selain itu secara keseluruhan tokoh cenderung memilih motif negatif. Serta hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran sastra di SMA dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas XII dengan KD 3.9 dan KI 4.1. Dalam RPP, unsur 5M (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasi) dimasukkan dalam pembelajaran. Antara lain mencakup mulai dari siswa mengamati materi dari guru, siswa menanya tugas dari guru, siswa memahami tugas dari guru, siswa mencoba untuk menjawab tugas dari guru, dan siswa mengkomunikasikan dengan cara mempresentasikan hasil diskusi.

Kata Kunci: konflik batin, psikologi sastra, implementasi


Full Text:

Untitled

References


Aptifive Manik, R. (2016). Hasrat Nano Riantiarno Dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian. Jurnal Poetika, IV (2), 74–84.

Bahasa, J., Sastra, D. A. N., Bahasa, F., Seni, D. A. N., & Semarang, U. N. (2015). Analisis Antologi Puisi Les Lettres d’amour à George Sand Karya Alfred de Musset : Tinjauan Citraan, Bahasa Kiasan, Tema, dan Makna.

Biyantari, L. A. (2009). Aspek Moral Dalam Novel Harimau! Harimau! Karya Mochtar Lubis: Tinjauan Semiotik.

Dan, P., Tokoh, K., Nayla, D. N., Djenar, K., Ayu, M., Keguruan, F., Maret, U. S. (2010). Skripsi.

Diana, A. (2016). Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Wanita Di Lautan Sunyi. Jurnal Pesona, 2 (1), 43–52.

El-shirazy, B. H. (2017). Dampak kondisi sosial ekonomi rusia terhadap religiusitas muslim rusia dalam novel bumi cinta karya habiburrahman el-shirazy, 242–261.

Filosofi, L. (2009). Filsafat__Dan_Metode_Penelitian_Kualitatif. https://doi.org/10.1016/0022-2828(83)90257-2

Gunawan. (2016). KUALITATIF Imam Gunawan.

Husin, A. (2014). Etnografi Komunikasi dalam Perspektif Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Dewasa Ini.

Internal, K., Eksternal, D. A. N., Utama, T., Atas, N., Cinta, N., Wahyu, K., … Davidoff, L. (2016). Konflik internal dan eksternal tokoh utama novel atas nama cinta karya wahyu sujani dengan teori psikologi linda l davidoff.

Lina Suprapto, Andayani, B. W. (2014). Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Karakter Novel 9 Dari Nadira Karya Leila S. Chudori. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2 (3), 2302–6405.

Machmud, S. (2015). Analisis Nilai Spiritual dalam Novel Haji Backpaker Karya Aguk Irawan MN. Jurnal Humanika, 3 (15).

Masitoh, S. (2013). Campur Kode Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jawa pada Siaran Radio Jampi Syah di Radio SKB POP FM Gombang. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Budaya Jawa, 3 (1) (01), 28–33.

Novel, E., Bulan, P., & Andrea, K. (2012). NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SURAKARTA.

Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2016). Membaca Cepat Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang, (2).

Permata Yanda, D. (2017). KONFLIK BATIN TOKOH ZAHRANA DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN ELSHIRAZY. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1155

Pradita, L. E., Budhi, S., & Yant, M. (2012). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 1 (1), 25–39.

Prayoga, R. A., & Wuryantoro, A. (2018). Konflik batin dan perwatakan pada tokoh Ahmad Karaeng dalam novel “RINDU” karya Tere Liye: pendekatan psikologi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.25273/linguista.v1i2.1982

Sunarni, N., Bahasa, J., Jepang, S., & Padjadjaran, U. (n.d.). DRAMA SEBUAH ALTERNATIF OBJEK PENELITIAN BAHASA Nani Sunarni, 61–69.

Tokoh, P., & Pendidikan, D. A. N. N. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SASTRA DI SMA (Tesis).




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i2.758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.