JENIS-JENIS WACANA PADA ARTIKEL SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI SEPTEMBER DAN OKTOBER 2018 SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Putri Nugraheni Puspita, Fransiscus Xaverius Samingin, Mursia Ekawati

Abstract


Penelitian Ini berfokus Jenis-jenis wacana pada Artikel Surat Kabar Suara Merdeka Edisi September dan Oktober 2018 Sebagai Materi Ajar di SMA. Rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Jenis wacana apa saja yang terdapat dalam surat kabar Suara Merdeka, (2) Bagaimana memformulasikan jenis-jenis wacana tersebut sebagai materi ajar di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan berbagai jenis-jenis wacana pada surat kabar Suara Merdeka, (2) memformulasikan jenis-jenis wacana dari Suara Merdeka sebagai materi ajar di SMA. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wacana, ciri-ciri wacana jenis-jenis wacana, dan materi ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskripsi analisis. Objek penelitian yang akan diteliti yaitu jenis-jenis wacana pada artikel surat kabar suara merdeka edisi September dan Oktober 2018 sebagai materi ajar di SMA. Teknik penyediaan menggunakan metode simak. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa dalam artikel Surat Kabar Suara Merdeka Edisi September dan Oktober 2018 terdapat jenis wacana sebagai berikut : (1) wacana narasi, (2) wacana deskripsi, (3) wacana eksposisi, dan (4) wacana argumentasi. Penelitian tentang jenis-jenis wacana dapat dijadikan materi ajar kelas X pada Kompetensi (KD) 3.3 mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan atau tulis dan Kompetensi Dasar (3.4)  menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

Kata kunci: wacana, ciri-ciri wacana, jenis-jenis wacana, Surat Kabar Suara Merdeka


Full Text:

Untitled

References


Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cabang: Pustaka Setia.

Chaer, Abdul. (1999). Lingustik Umum.Jakarta: Rineka Cipta. From http://eprints.uny.ac.id/9155/3/bab%202-06204241023.pdf: 8.18/2019: 8.05.

Handoko, Dedi. (2015).”Keterampilan Menulis Wacana Narasi dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas X”.Vol 7 No 3, diakses Oktober 2015. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/2432

https://www.ariesrutung.com/2019/02/pengertian-wacana-menurut-para ahli.html:19/8/2019:8.10

Iskandarwassid, Gulo. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya Komariyah, Nur. (2016).”Implikatur Percakapan Dalam Wacana Rubrik Gojek Pada Majalah Djaka Lodang”.Vol 8 No 1, diakses pada 6 April 2016. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/2918

Laili. Imrokatul. (2015). Wacana Deskripsi Eksposisi Argumentasi Persuasi dan Narasi. Diperoleh 13 Agustus 2019.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana.Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Analisis Bahasa.Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Wibowo. (2014).”Pemakaian Deiksis Wacana Dalam Novel Anak-Anak Merapi 2”. Skripsi. Universitas Tidar. Magelang.

Widhiantari, Ayu Putri (2013). ”Penalaran Siswa Kelas X4 Ketika Memberikan Tanggapan Wacana Terhadap Kontroversi Pada Rubrik Harian Kompas”. Vol 1 No 6, Juli 2013. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/988

Yanto, Yuli. (2015).”Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berhuruf Jawa Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Siswa Kelas XI”. Vol 6 No 4, diakses pada 22 Juni 2015. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/2918

Yuksinau. (2019). Teks Eksposisi Struktur Ciri. Diperoleh 13 Agustus 2019, dari https://www.yuksinau.id/teks-eksposisi-pengertian-struktur-ciri/




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i2.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.