RELASI MAKNA SINONIMI DAN ANTONIMI PADA KALIMAT DALAM RUBRIK OPINI KOMPAS EDISI NOVEMBER 2018 SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Dewi Puji Lestari, Mursia Ekawati, Dzikrina Dian Cahyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi jenis relasi makna sinonimi pada kalimat dalam artikel opini Kompas edisi November 2018 (2) memperoleh deskripsi jenis relasi makna antonimi pada kalimat dalam artikel opini Kompas edisi November 2018 dan (3) menghasilkan bahan ajar sinonimi dan antonimi pada kalimat dalam materi teks editorial di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik yang mempelajari tentang makna. Sumber data berupa artikel opini Kompas edisi November 2018. Wujud data berupa kata, frasa atau kalimat-kalimat yang menunjukkan adanya relasi makna sinonimi dan antonimi. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dan teknik catat. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan metode padan dan teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Berdasarkan hasil analisis, dari 5 jenis relasi makna sinonimi dan 5 jenis relasi makna antonimi, ditemukan masing-masing 3 jenis relasi makna sinonimi dan 4 antonimi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di SMA yang berkaitan dengan materi teks editorial. Materi tersebut sesuai dengan silabus kurikulum 2013 kelas XII pada Kompetensi Dasar 3.6 menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial dan 4.6 merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. Opini pada Kompas dapat digunakan sebagai salah satu teks pada saat pembelajaran materi teks editorial.

Kata Kunci: sinonimi, antonimi, opini Kompas, editorial.


Full Text:

Untitled

References


Atiyah, R. I., Wahidin, W., & Roviati, E. (2016). Penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) untuk meningkatkan literasi sains siswa pada konsep kingdom plantae Kelas X Di Sman 3 Kuningan. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains.

Bahasa, J. P., Hartati, M., & Thamimi, M. (2017). Dalam bahasa melayu dialek pontianak, 6 (2), 179–193.

Dewi, A. S. S. P. (2016). Kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Humanika.

Dwi, L., & Zulaeha, I. (2017). Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang : Analisis Wacana Kelas Abstrak, 6 (9), 111–122.

Heinich, et al. Pendapat Heinich, Molenda, dan Russell, 1993, dalam Sultan, I., & Gorontalo, A. 2015. (2015). TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Alfian Erwinsyah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Hesti Muliawati. (2016). Variasi Bahasa Gaul pada Mahasiswa Unswagati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2016. DEIKSIS - JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Isi, A., Nilai, P., Singgalang, S., Materi, P., Pelajaran, M., & Kewarganegaraan, P. (2016). ISNARMI MOEIS & JUNAIDI INDRAWADI. Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan.

Leonardus Baskoro. (2013). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran komputer (Kk6) Di Smk N 2 Wonosari Yogyakarta. Fakultas Teknik Elektro UNY.

Marnetti, M. (2018). ANALISIS GAYA BAHASA DALAM SLOGAN LINGKUNGAN HIDUP. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.31503/madah.v8i1.465

Maruti, E. S. (2017). Menyaksikan dan Menonton : ANALISIS RELASI MAKNA, 354–361.

Noer, M. (2009). Teknik Membaca Skimming.

Preyer, G. (2017). Semantik. ProtoSociology. https://doi.org/10.5840/protosociology199347

Rahmatiah, N. (2018). Antonimi Majemuk dalam Bahasa Laiyolo. Sawerigading, 23(2), 151.

https://doi.org/10.26499/sawer.v23i2.255

Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Rozita Radhiah Said. (2012). Penyampaian lisan dalam pengajaran karangan guru cemerlang bahasa melayu untuk murid-murid tingkatan empat. Tesis Ijazah Doktor Falsafah.

Sarwiko, D. (2012). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia director mx (Studi kasus mata kuliah Pengolahan Citra pada jurusan S1 sistem informasi). Multimedia.

Siswa, P., Xi, K., & Banjit, S. M. A. N. (n.d.). Kemampuan menentukan relasi makna pada siswa kelas xi sma n 1 banjit, 1–8.

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050

Suyono. (2009). Pembelajaran efektif dan produktif berbasis literasi: analisis konteks, prinsip, dan wujud alternatif strategi implementasinya di sekolah. BAHASA DAN SENI.

Utami, P. S. (2016). Pngaruh Gaya Blajar dan Metode Pmblajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Vuri, D. (2016). Penerapan pendekatan penalaman berbahasa dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas rendah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE.”




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i2.756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.