TINDAK TUTUR PADA INFOMERSIAL MAHAKARYA AGUNG SEDAYU GROUP DI TELEVISI

Alif Tiwi Estriyanti, Budiono Budiono, Asri Wijayanti

Abstract


Sebagai bentuk iklan, penggunaan bahasa pada infomersial memiliki peranan penting dalam memperkenalkan dan mempengaruhi konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Pemahaman makna bahasa infomersial dapat dikaji melalui analisis pragmatik berupa tindak tutur. Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimanakah bentuk tindak tutur pada infomersial Mahakarya Agung Sedayu Group di televisi? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur pada infomersial Mahakarya Agung Sedayu Group di televise. Sumber data penelitian ini adalah video infomersial Mahakarya Agung Sedayu Group yang ditayangkan oleh stasiun televisi Metro TV edisi Desember 2017 dengan durasi penayangan tiap acara selama 30 menit sebanyak dua episode. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan berupa teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam dan catat. Analisis datanya menggunakan metode padan dan alat penentu yang digunakan ialah orang yang menjadi mitra-wicara dengan teknik dasarnya yaitu teknik pilah unsur penentu atau teknik PUP dengan daya pilah pragmatis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 96 data bentuk tindak tutur. Dari 96 data, dalam infomersial Mahakarya Agung Sedayu Group ditemukan bentuk tindak tutur ilokusi yang mengandung daya perlokusi. Tindak tutur ilokusi yang ditemukan yaitu tindak tutur ilokusia sertif sebanyak 52 data, tindak tutur ilokusi direktif sebanyak 37 data, dan tindak tutur ilokusi ekspresif sebanyak 7 data. Dari hasil pembahasan analisis data pada penelitian ini, banyak ditemukan tuturan yang terdapat pada infomersial Mahakarya Agung Sedayu Group mengandung maksud untuk menjelaskan dengan mengunggulkan proyek Agung Sedayu Group dan meyakinkan investor dengan mengundang salah satu investornya untuk memberikan kesaksiannya. Dengan demikian, bentuk tindak tutur yang dominan pada infomersial tersebut adalah tindak tutur ilokusi asertif.

Kata kunci: tindak tutur dan infomersial


Full Text:

Untitled

References


Aslinda & Syafyahya, Leni. (2014). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Leech, Geoffrey. (2015). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Liputan6. (2017). Agung Sedayu Dominasi Penghargaan Properti Terbesar di Tanah Air. Diunduh pada 23 November 2017 pukul 20.51 dari http://properti.liputan6.com/read/3127618/agung-sedayu-dominasi-penghargaan-properti-terbesar-di-tanah-air.

Madura, Jeff. (2006). Introduction to Business, Fourth Edition. South-Western College Pub.

Rustono. (1999). Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, I Dewa Putu & Rohmadi, Muhammad. (2009) . Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v1i1.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.