KONFLIK BATIN TOKOH ALIMIN DALAM NASKAH MONOLOG AENG KARYA PUTU WIJAYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis konflik batin yang dialami oleh tokoh Alimin dalam naskah monolog Aeng karya Putu Wijaya. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan teori-teori yang relevan dan data. Teori tersebut berupa (1) teori konflik, (2) penokohan, (3) naskah drama, (4) monolog, (5) pengajaran sastra, dan (6) psikologi sastra, yang diperoleh dari naskah monolog Aeng karya Putu Wijaya. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode pustaka dan teknik kutip dan catat. Adapun analisis data menggunakan metode deskriptif analisis dan teknik analisis teks. Hasil penelitian di dalam naskah monolog Aeng, mengandung beberapa jenis konflik yaitu (1) konflik mendekat-mendekat (approach-approach conflict), (2) konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict), (3) konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflict). Dalam penelitian ini bahan ajar disusun berdasarkan kurikulum 2013. Selain disesuaikan dengan kurikulum, bahan ajar juga harus disesuaikan dengan silabus. Tahap atau urutannya dari menentukan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian.
Kata kunci: Konflik Batin, Monolog Aeng,Bahan Ajar, Psikologi Sastra.
References
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Putu Wijaya. 2010. Naskah Monolog Aeng. naskahmonolog.blogspot.co.id. 18 Oktober 2017.
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajaran.
Rosdiana, Yosi. 2007. Modul 8 Indikator Pembelajaran dalam Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta. UT
Sobur, Alex. 2013. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung : CV Pustaka Setia.