Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Persuasif Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas VIII SMP Magelang
DOI:
https://doi.org/10.31002/repetisi.v7i2.4485Abstract
Latar belakang penelitian ini berupa hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 6 Magelang berupa permasalahan siswa dalam menyusun teks persuasif karena keterbatasan bahan ajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan, karakteristik, pengembangan, nilai kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada pembelajaran teks persuasif untuk siswa kelas VIII SMP di kota Magelang. Berdasarkan hasil observasi, wawancara guru, serta penyebaran angket kepada siswa dan guru diperoleh analisis kebutuhan bahan ajar teks persuasif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) Sugiyono meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh ahli materi dan media hingga revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, serta produksi massal. Penelitian ini hanya di batasi hingga tahap kelima atau tahap revisi desain karena keterbatasan peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan dan angket validasi produk. Pada penelitian ini hanya sampai pada validasi desain dan revisi desain modul pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kebutuhan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa membutuhkan bahan ajar yang mudah dimengerti dan memiliki visualisasi agar hasil pembelajaran mereka maksimal dan keterampilan mereka meningkat. Karakteristik pengembangan bahan ajar teks persuasif berbasis kearifan lokal adalah berisikan hakikat, contoh teks persuasif berbasis kearifan lokal, latihan soal dan evaluasi.
Pengembangan bahan ajar teks persuasif didasarkan pada kebutuhan siswa yang lebih mudah memahami materi teks persuasif apabila dikaitkan pada kehidupan sekitar mereka. Kelayakan bahan ajar teks persuasif berbasis kearifan lokal telah teruji dari segi materi dan media dengan hasil validasi ahli materi pada kriteria sangat baik, serta hasil validasi ahli media berada ada kriteria baik. Berdasarkan hasil kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar teks persuasif berbasis kearifan lokal baik digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas VIII SMP pada materi pembelajaran teks persuasif.
Kata kunci: bahan ajar, teks persuasif, kearifan lokal.