Strategi Retorika Verbal dan Nonverbal dalam Tuturan Asertif Om Hao pada Kanal YouTube Kisah Tanah Jawa
DOI:
https://doi.org/10.31002/repetisi.v7i2.4478Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena pada tuturan pembawa acara Kisah Tanah Jawa yang mampu menarik perhatian dan mempengaruhi penonton. Penelitian ini memiliki tujuan memperoleh deskripsi strategi retorika verbal dan nonverbal dalam tuturan asertif Om Hao pada kanal YouTube Kisah Tanah Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berwujud tuturan asertif yang mengandung strategi retorika verbal maupun nonverbal. Penyediaan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode analisis data dilakukan menggunakan metode padan yang kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis data Pilah Unsur Penentu (PUP). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan strategi retorika verbal dan nonverbal dalam tuturan asertif Om Hao pada kanal YouTube Kisah Tanah Jawa. Strategi retorika verbal yang ditemukan meliputi strategi retorika verbal diksi konotatif, diksi denotatif, diksi umum, diksi khusus, diksi ilmiah, diksi populer, gaya bahasa repetisi, gaya bahasa antiklimaks, dan gaya bahasa paralelisme. Adapun strategi retorika nonverbal yang ditemukan meliputi strategi retorika nonverbal kinesik, okulesik, dan posture. Simpulan dari penelitian mengenai strategi retorika verbal dan nonverbal dalam tuturan asertif Om Hao pada kanal YouTube Kisah Tanah Jawa adalah strategi-strategi tersebut digunakan untuk menarik perhatian penonton, membangun rasa percaya penonton, mempengaruhi perasaan penonton, dan membangun pemahaman penonton.
Kata kunci: strategi retorika nonverbal, strategi retorika verbal, tuturan asertif, YouTube.