Resistensi Tokoh Utama Perempuan Terhadap Dominasi Patriarki dalam Novel Ve Karya Vinca Callista

Afifah Nurlaili Khoirunnisa, Mursia Ekawati, Liana Shinta Dewi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena resistensi tokoh utama perempuan dalam novel Ve karya Vinca Callista. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk resistensi verbal yang dilakukan oleh tokoh utama perempuan terhadap dominasi patriarki dalam novel Ve karya Vinca Callista, dan menemukan bentuk resistensi nonverbal yang dilakukan tokoh utama perempuan terhadap dominasi patriarki dalam novel Ve karya Vinca Callista. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Dalam penyediaan data, penelitian ini menggunakan metode baca dengan teknik catat. Sumber data penelitian ini berasal dari novel Ve karya Vinca Callista. Data yang ditemukan berupa kata, kalimat, serta wacana yang menunjukkan adanya bentuk resistensi tokoh utama perempuan. Data yang dihasilkan diklasifikasikan berdasarkan bentuk resistensi verbal dan nonverbal yang dilakukan tokoh utama perempuan terhadap dominasi patrairki yang dialami. Data yang ditemukan menunjukkan adanya bentuk resistensi verbal terhadap stereotipe dan kekerasan, serta resistensi nonverbal terhadap stereotipe dan kekerasan.


Kata kunci: dominasi patriarki, novel Ve, resistensi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, I., Yudani, A. P., & Aziza, F. M. (2022). Patriarki sebagai pemicu kekerasan pada wanita dalam rumah tangga menurut perspektif al-quran dan kemasyarakatan. ISTIGHNA, 5(1).

Callista, Vinca. (2018). Ve. Jakarta: Noura Books.

Fakih, Mansour. (2020). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Insist Press.

Mawarni, R.W. (2022). Ketidakadilan Gender Dan Resistansi Dalam Novel Minoel Karya Ken Terate : Kajian Kritik Sastra Feminis. Repitisi: Riset Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5.

Rahmawati, Syukrina. (2019). Resistensi Perempuan Multikultural Dalam Karya Sastra Indonesia (Kajian Berperspektif Feminis). Mabasan 3(2)

Sibuea, Yuniarti. (2020). Perlawanan perempuan terhadap eksploitasi laki-laki dalam novel claudine en menage (1902)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitoan Pendidikan. Yogyakarta: ALFABETA.

Walby, Sylvia. (2014). Teorisasi Patriarki (Terjemahan). Yogyakarta: Jalasutra.

Wiyatmi. (2012.) Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i2.4251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.