Struktur Fisik Lirik Lagu pada Album Selamat Ulang Tahun Karya Nadin Amizah

Rosita Herawati, Hari Wahyono, Liana Shinta Dewi

Abstract


Berawal dari fenomena lirik lagu popular dan puitis dengan judul Bertaut, Mendarah, dan Taruh karya Nadin Amizah pada Album Selamat Ulang Tahun, yang digemari oleh banyak pendengar seusia siswa SMA. Hal tersebut memunculkan ide untuk menganalisis lirik lagu sebagai puisi dan dijadikan bahan ajar pada pembelajaran sastra di SMA agar lebih menarik dan relevan dengan siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat. Pada penelitian ini ditemukan empat struktur fisik puisi yaitu berupa diksi, diksi konotatif dan diksi denotatif. Kemudian ditemukan citraan, yang terdiri dari citraan penglihatan, citraan perasa, citraan peraba, dan citraan pendengaran. Selanjutnya ada juga ditemukan 45 kata konkret yang terdapat pada 45 data dengan indikator yang dianalisis. Dan yang terakhir ditemukan tiga jenis majas, yang terdiri dari majas perbandingan, majas penegasan, dan majas sindiran. Majas perbandingan yang ditemukan ialah majas perbandingan personifikasi, majas perbandingan depersonifikasi, majas perbandingan metafora, majas perbandingan hiperbola, dan majas perbandingan simile. Sementara itu majas penegasan terdiri dari majas penegasan paralelisme dan majas penegasan elipsis, serta majas sindiran terdiri dari majas sindiran innuendo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lirik lagu karya Nadin Amizah bersifat metaforis, kemudian hasil penelitian diformulasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas XI SMA.


Kata kunci: bahan ajar, lirik lagu, Nadin Amizah, struktur fisik.


Full Text:

PDF

References


Asmorowati, M & Pramitasari, A. (2022). Hiperbola dalam album Selamat Ulang Tahun karya Nadin Amizah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Prawara: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 3, no. 1, Juni 2022. Gunawan, Hadi. (2019). Majas dan Peribahasa. Jogjakarta: Cosmic Media Nusantara.

Lirik. 2022. Pada KBBI Daring. Diambil 25 November 2022, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/lirik

Magfiroh, L. & Subandiyah, H. (2022). Kajian Stilistika dalam Lirik Lagu Album Selamat Ulang Tahun karya Nadin Amizah sebagai Bahan pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal BAPALA Vol. 9, No. 01, Tahun 2022. 70-88.

Mahliatussikah, H. (2015). Pembelajaran Puisi Teori dan Penerapannya dalam Kajian Puisi Arab. Malang: Universitas Negeri Malang.

Majas. 2022. Pada KBBI Daring. Diambil 25 November 2022, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/majas

Marwati & Waskitaningtyas. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Nadin Amizah. (2020, Mei 28). Nadin Amizah – Bertaut (Official Lyric Video) [Video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=uEwQtDZjFKs

Nadin Amizah. (2020, Mei 28). Nadin Amizah – Mendarah (Official Lyric Video) [Video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=aYXTbNd6Aaw

Nadin Amizah. (2020, Mei 28). Nadin Amizah – Taruh (Official Lyric Video) [Video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=Vrp2Be-RVVM

Nirmala, A. A. & Anwar, S. (2020). Interpretasi Lagu-Lagu Nadin Amizah (Album Selamat Ulang Tahun) Kajian Semiotika. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 3, No. 2, Oktober 2020.

Nirmala, A. F. (2022). Metafora dalam Lirik Lagu Nadin Amizah pada Album Selamat Ulang Tahun dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Menulis Puisi kelas X. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung.

Permata, Indah A. (2020). Gaya Bahasa dalam Album Camelia 4 karya Ebiet G. Ade sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Universitas Tidar.

Pradopo, Rachmat D. (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sawitri, Ester R. (2023). Sosiologi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Sonia, Alin I. (2022). Struktur Batin Lirik Lagu dalam Album Monokrom karya Tulus. Skripsi. Universitas Tidar.

Syaputra, Hanafi Mazi. (2022). Jenis, Fungsi, dan Makna Metafora pada Lirik Lagu Jason Ranti dalam Album Akibat Pergaulan Bebas. Skripsi. Universitas Tidar.

Waluyo, Herman J. (2003). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widadi, Martin. 2012. Pengembangan Handout Pembelajaran Kerja Bangku di SMK Negeri 1 Seyegan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijaya, Laksmi. (2012). EYD Ejaan Yang Disempurnakan Peribahasa Majas. Depok: Pustaka Makmur.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i2.4250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.