Perundungan Verbal dalam Komentar Kanal Youtube Kompas TV sebagai Penyimpangan Kesantunan Berbahasa

Amalia Tatimus Sholikhah, Irsyadi Shalima, Muhammad Daniel Fahmi Rizal

Abstract


Penelitian yang berjudul “Perundungan Verbal dalam Komentar Kanal Youtube Kompas TV Kasus Pembunuhan Brigadir J sebagai Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa” dilatarbelakangi oleh fenomena kebahasaan yaitu adanya penyimpangan terhadap prinsip kesantunan berbahasa dalam bentuk perundungan verbal pada kanal Youtube Kompas TV kasus pembunuhan Brigadir J. Data berwujud komentar perundungan verbal yang mengandung penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam kanal Youtube Kompas TV dengan judul Simak Lagi Pengakuan Lengkap Sambo di Sidang Pembunuhan Brigadir J edisi Januari-Februari 2023, sedangkan sumber data yaitu media sosial Youtube berupa unggahan video dengan judul Simak Lagi Pengakuan Lengkap Sambo di Sidang Pembunuhan Brigadir J edisi Januari-Februari 2023. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengamatan, teknik dokumentasi dan studi pustaka. Metode dan teknik analisis yang digunakan yaitu metode padan dan teknik pilah unsur penentu (PUP). Hasil penelitian ini ditemukan 29 data pada penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa. Penelitian ini hanya mengkaji mengenai penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa pada kanal Youtube Kompas TV kasus pembunuhan Brigadir J dengan judul Simak Lagi Pengakuan Lengkap Sambo di Sidang Pembunuhan Brigadir J pada 10 Desember 2022. Bagi pembaca dan peneliti selanjutnya, masih terdapat aspek lain yang dapat dikaji menggunakan teori dari sudut pandang yang berbeda.


Kata kunci: kesantunan berbahasa, komentar warganet, penyimpangan prinsip, perundungan verbal.

 


Full Text:

PDF

References


Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari PraSekolah Hingga SMU. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Hidayati, Suci. & Fikri, Hasnul. (2022) Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar Media Sosial Instagram CNN Indonesia. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 3(1), 1-29.

Keraf, G. (1997). Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip – Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suciartini, N. N. A. & Sumartini, N. L. P. U. (2018). Verbal Bullying dalam Media Sosial Ditinjau dari Perspektif Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 1(1), 104-134.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i2.4248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.