Pengembangan Pembelajaran Memproduksi Naskah Drama Menggunakan Metode Menulis Berantai pada Peserta Didik SMP Kelas VIII

Arlinda Devi Utami, Mimi Mulyani, Ayu Wulandari

Abstract


Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sulit dikuasai oleh siswa, salah satunya menulis drama. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa seperti metode menulis berantai. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kebutuhan pengemabngan metode menulis berantai. (2) mendeskripsikan pengembangan metode menulis berantai. (3) mengembangkan desain prototipe metode pembelajaran menulis berantai. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Research and Development (R&D) menurut sukmadinata dkk. Langkah penelitian ini terdiri dari beberapa tahap antara lain yaitu studi pustaka, survey lapangan, penyususnan produk, dan revisi produk yang dinilai oleh ahli metode pembelajaran dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) dibutuhkan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung sehingga membuat kegiatan belajar aktif dan memotivasi siswa dalam pembelajaran. (2) Prinsip penyusunan metode menulis berantai (misbar) berdasarkan hasil analisis kebutuhan menurut persepsi guru dan siswa. Prinsip pengembangan tersebut antara lain yaitu prinsip motivasi, prinsip keterampilan, prinsip kreativitas, dan prinsip efektif. (3) Produk yang dihasilkan dari pengembangan metode menulis berantai berupa desain prototipe metode pembelajaran yang direalisasikan dalam bentuk buku panduan. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 4.2 dan ahli metode pembelajaran sebesar 4.7. Dengan hasil tersebut, desain produk metode pembelajaran menulis berantai berkategori baik dan layak digunakan dengan sedikit revisi.


Kata kunci: drama, menulis berantai, metode pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Dewi, M. S., Fajriyah, K., & DS, A. C. (2021). Analisis Implementasi Literasi Membaca Di Keluarga Terhadap Prestasi Siswa SD Negeri Kebanggan. Elementary School, 8(2), 266–272.

Fitria, F. (2021). Penerapan Metode Tulis Berantai Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas Ix Mts Pembangunan Uin Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Uin Syarif Hidayatullah.

Mulyani, M. (2014). Model Pembelajaran Menulis Berbasis Kearifan Lokal yang berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pena, 1(1), 93–109.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung (Alfabeta).

Syukron, A., & Subyantoro. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Face Threatening Act of Different Ethnic Speakers in Communicative Events of School Context, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i2.4244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.