Campur Kode dalam Wacana Novel Rahvayana 2 Ada yang Tiada Karya Sujiwo Tejo

Vinca Ratna Sari, Astuty Astuty, Imam Baihaqi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena campur kode dan penggunaan variasi bahasa pada novel Rahvayana 2: Ada yang Tiada karya Sujiwo Tejo. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai jenis dan faktor penyebab campur kode pada novel Rahvayana 2: Ada yang Tiada karya Sujiwo Tejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode agih dan metode padan. Metode agih dengan teknik bagi unsur langsung (BUL) digunakan untuk menemukan jenis campur kode, sedangkan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan hubung banding menyamakan (HBS) digunakan untuk menemukan faktor penyebab campur kode. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan jenis campur kode yaitu penyisipan unsur bahasa berupa kata, frasa, perulangan kata, dan klausa. Penemuan kedua yaitu faktor penyebab campur kode faktor penutur, keterbatasan penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, mitra bicara, topik pembicaraan, fungsi dan tujuan, ragam dan tingkat tutur bahasa, membangkitkan rasa humor, dan sekadar bergengsi.
Kata kunci: campur kode, faktor penyebab, novel, Rahvayana 2: Ada yang Tiada.


Full Text:

Untitled

References


Atmaja, V. K. M. (2018). Campur Kode dan Alih Kode dalam Interaksi Perdagangan di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Bustam, M. R., Prihandini, A., & Heriyati, N. (2018). Alih kode dan campur kode pada pola komunikasi dosen universitas komputer indonesia (unikom) di aplikasi kuliah online unikom: kajian sosiolinguistik. Humano, 9(1), 278–295.

Intan, T., & Handayani, V. T. (2020). Fenomena campur kode dalam novel metropop antologi rasa karya ika natassa. KANDAI, 16(2), 259–273. https://doi.org/10.26499/jk.v16i2.1285

Maszein, H., Suwandi, S., & Sumarwati. (2019). Alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran bahasa indonesia di sma negeri 7 surakarta. BASASTRA, 7, 62–71.

Muhlis, A. (2021). Sosiolinguistik Dasar. Jakad Media.

Rohmah, D. A. (2018). Makna Filosofis Dwilogi Novel Rahvayana Karya Sujiwo Tejo (Perspektif Teori Semiotika Roland Barthes). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Suandi, I. N. (2014). Sosiolinguistik. Graha Ilmu.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.

Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. Henary Offset Solo.

Wirawan, S., & Shaunaa, R. (2021). Analisis penggunaan campur kode dan alih kode dalam video akun youtube londokampung. Jurnal Budaya FIB UB, 2(1), 17–22.

Yusnan, M., Kamasiah, Iye, R., Karim, Harziko, & Bugis, R. (2020). Alih kode dan campur kode pada novel badai matahari andalusia karya hary el-parsia. Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS), 1, 1–12.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i1.4172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.