Feminitas Tokoh Laki-laki dalam Novel Tulisan Sastra Karya Tenderlova

Arfi Rinantari, Dzikrina Dian Cahyani, Muhammad Daniel Fahmi Rizal

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena feminitas dalam karya sastra, salah satunya dalam novel. Feminitas dalam novel yang biasanya didominasi oleh tokoh perempuan, nyatanya ada juga dalam tokoh laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan feminitas tokoh laki-laki dalam novel Tulisan Sastra karya Tenderlova. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori feminisme sastra dan feminisme gender sebagai pisau bedah. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan metode baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah novel Tulisan Sastra karya Tenderlova. Data dalam penelitian ini berupa kalimat dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan feminitas dalam novel Tulisan Sastra karya Tenderlova terdapat delapan kategori yaitu kelembutan, kepedulian, empati, sifat mendukung, rasa malu, kesederhanaan, kehati-hatian, dan sifat merawat yang masing-masing ditunjukkan oleh tokoh laki-laki dalam novel melalui kalimat dalam dialog maupun ditunjukkan langsung dalam novel. Feminitas dengan kategori sifat merawat paling banyak digambarkan dalam novel Tulisan Sastra.
Kata kunci: feminitas, novel, sastra, Tullisan Sastra.


Full Text:

Untitled

References


Afandi, Haekal Ridho. 2018.Feminisme dalam Tubuh Laki-Laki pada Film A Man Space. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol 3 No 1.

Afifah. 2020. Simbol Feminitas dalam Novel Wedding Aggreement Karya Mia Chuzz. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran. Vol 15 No 13.

Anindya, Annisa. 2018. Krisis Maskulinitas dalam Pembentukan Identitas Gender pada Aktivis Komunikasi. Jurnal Ranah Komunikasi. Vol 2 No. 1.

Bartky, S.L. 1997. Foucault, Feminity and The Modernization of Patriarchal power. Feminist Social Thought: A Reader.. Hal. 93-11.

Beynon, John. 2002. Masculinities and Cultures. University Open Press. Buckingham.

Budiastuti, dan Wulan. 2014. Konstruksi Maskulinitas Ideal Melalui Konsumsi Budaya Populer Oleh Remaja Perkotaan. Mozaik. Vol 14 No 1. Hlm 1-14.

Fakih, Monsour. 1996. Analisis Gender Dan Transformasi Sosial.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Hall, Stuart. 1997. The Work of Representations. Sage the open University. London.

Harsyah dan Ediati. 2015. Perbedaan Sikap Laki-Laki Dan Perempuan Terhadap Infertilitas. Jurnal Empati. Vol 4 No 4. Hlm 225-232.

Hollows, Joanna. 2010. Feminisme, Feminitas, & Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.

Karim, Nazurtty, dan Selvi. 2017. Unsur Instrinsik Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Repository Universitas Jambi.

Krrissetyoningrum, Diyan. 2014. Dekonstruksi Maskulinitas dan Feminitas Dalam Sinetron Abg Jadi Manten. Skripsi. Univeritas Diponegoro.

Maimunah. 2012. Fluiditas Antara Maskulinitas dan Femininitas: Representasi Waria dalam Film Dokumenter dan Fiksi. Universitas Airlangga.

McRobbie, Angela. (1991). Feminism and Youth culture: from Jackie to Just Seventeen. London: Macmillan Education LTD.

Megawangi, Ratna. 1999. Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru Tentang Relasi Gender. Bandung. Mizan. Cet. 1.

Noviana dan Wulandari. 2017. Maskulinitas dan Femininitas dalam Anime Kimi No Na Wa: Kajian Respon Pemirsa. eJournal Undip. Vol 1 No. 4.

Nur, Gian Nova Sudrajat. 2020. Perempuan dalam Femininitas dan Femininitas Baru. Jurnal Harkat. Vol 16 No. 1. Hlm 27-37.

Oakley, Ann. 2008. Sex, Gender & Society.University of Virginia: Maurice Temple Smith.

Saputra dan Dwiningtyas. 2018. Representasi Maskulinitas dan Feminitas Pada Karakter Perempuan Kuat dalam Serial Drama Korea. eJournal Undip. Vol 6 No. 3.

Sari. 2021. Feminitas Tokoh Utama dalam Novel Aroma Karsa Karya Dewi Lestari. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran. Vol 16 No. 28.

Sugihastuti, dan Suharto. 2010. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto dkk. 2019. Fluiditas Maskulinitas dan Feminitas dalam Boyband K-Pop sebagai Produk Industri Budaya. Kafa’ah Jurnal. Vol 9 No. 2.

Tenderlova. 2020. Tulisan Sastra. Jawa Barat: LovRinz

Tong, Rosemarie Putnam. 1998. Feminist Thought. Yogyakarta: Jalasutra.

Umar, Nasaruddin. 1999. Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Paramadina. Cet. 1.

Watngil, Rahman Fauzan. 2021. Simbol Feminitas Tokoh Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Cinta Yang Tak Terucap. Vol 16 No 23.

Wilis, Sisila. 2018. Representasi Maskulinitas pada Teledrama Turki Kara Para Ask. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarid Kasim Riau.

Wiyatmi. 2012. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i1.4170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.