Bentuk, Kategori, dan Makna Kata Ulang: Tinjauan Model Proses dan Metode Induksi

Siti Ana Musfaizah, Cahyo Yusuf, Winasti Rahma Diani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, kategori, dan makna kata ulang bahasa Indonesia. Objek penelitian ini ialah bentuk, kategori, dan makna kata ulang. Wujud data penelitian ini ialah kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang. Data penelitian ini bersumber pada tuturan (podcast), tulisan (cerita pendek), dan peneliti sendiri. Penyediaan data menggunakan metode simak, baca dan semah dengan teknik sadap dan teknik catat. Data dianalisis dengan menggunakan model proses dan metode induksi. Metode analisis data yang digunakan ialah metode agih dan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL).
Hasil penelitian ini (1) berdasarkan bentuknya, ditemukan: (a) kata ulang penuh, contoh: hal-hal, (b) kata ulang sebagian, contoh: meluap-luap, (c) kata ulang dengan pengafiksasian, contoh: kata-katanya, dan (d) kata ulang bervariasi fonem, contoh: sayur-mayur, (2) berdasarkan maujud dasarnya, kata ulang dibedakan menjadi dua: (a) pokok kata (morfem dasar terikat), contoh: sayup-sayup → sayup, dan (b) kata, contoh: tagar-tagar → tagar, (3) berdasarkan kategorinya, ditemukan bahwa kategori kata ulang sama dengan kategori kata dasarnya, contoh: (a) kawan-kawan (nomina) → kawan (nomina), (b) melayang-layang (verba) → melayang (verba), dan (c) sungguh-sungguh (adjektiva) → sungguh (adjektiva), (4) berdasarkan maknanya, kata ulang berkaitan dengan makna dasarnya, contoh: sayur-mayur ‘berbagai dedaunan’ berkaitan dengan kata dasar sayur ‘daunan’.
Kata kunci: kata ulang, kategori kata, metode induksi, model proses.


Full Text:

Untitled

References


Ambarwati, T. 2020. Bentuk dan Makna Kata Ulang dengan Pengkajian Model Proses Serta Formulasi Materi Ajar. Skripsi. Universitas Tidar.

Bram, Barli. 2012. Three Models of English Morphology. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, Volume 15, Nomor 1, hlm 179-185.

Bungatang. 2017. Makna Asektualitas Afiksasi dan Reduplikasi pada Verba Bahasa Bugis. Jurnal Retorika, Volume 10, Nomor 1, hlm 1-71.

Darmawati, Uti. 2019. Semantik Menguak Makna Kata. Bandung: PAKAR KARYA PAKARNYA PUSTAKA.

Dewi, Wendi Widya R. (2019). Kelas Kata Bahasa Indonesia. Klaten: PT Intan Pariwara.

Miranda, S. (2022). Semusim Setelah Kemarau. Diakses pada 17 Juni 202, dari https://www.kompas.id/baca/cerpen-hiburan/2022/03/26/semusim-setelah-kemarau

Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Parera, JD. 1994. Morfologi Bahasa Edisi Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahardi, R. Kunjana. 2020. Reduplikasi Adverbial sebagai Prosede Morfologis Paling Dominan dalam Bahasa Indonesia: Perspektif Pragmatik Sistemik. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 190-207.

Ramlan, M. 1987. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: C.V. Karyono.

Ridwan, R. 2018. REDUPLIKASI DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Eprints.unm.ac.id.

Rofiq, dkk. 2021. Proses Morfologis Reduplikasi dalam Buku Generasi Optimis Karya Ahmad Rifa’i Rif’an. Jurnal PENEROKA Vol. 1, No. 01.

Simpen, I Wayan. 2020. Morfologi: Kajian Proses Pembentukan Kata. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Sudaryanto. 2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahan Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta. Universitas Sanatha Dharma Anggota APPTI.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Cahyo. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia. Semarang: Bandungan Institute.

Yusuf, Cahyo. 2020. Morfofonologi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.

Zamzani. 1993. Pemerian Wujud Reduplikasi Bahasa Indonesia. DIKSI No. 2.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i1.4163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.