Jenis Klausa Subordinatif dan Hubungan Semantis Antarklausa pada Kalimat Majemuk Bertingkat dalam Latar Belakang Skripsi Mahasiswa PBSI dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menemukan deskripsi dari jenis klausa subordinatif dan hubungan semantis antarklausa pada kalimat majemuk bertingkat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah latar belakang skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sasatra Indonesia (PBSI) Universitas Tidar tahun 2020. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data adalah metode agih yang dilanjutkan dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Berdasarkan hasil analisis, jenis klausa subordinatif yang ditemukan terdiri dari klausa subordinatif terkandung dan klausa subordinatif berbatasan. Klausa subordinatif terkandung yang ditemukan yaitu klausa terkandung nominal dan klausa terkandung relatif. Klausa subordinatif berbatasan yang ditemukan terdiri dari klausa berbatasan (1) temporal, (2) kausal, (3) kondisional, (4) final dengan, (5) konsekutif, (6) konsesif, (7) pembandingan, (8) cara, dan (9) alat. Hubungan semantis antarklausa yang ditemukan yaitu hubungan semantis antarklausa (1) waktu yang terdiri dari (a) waktu bersamaan dan (b) waktu berurutan, (2) syarat, (3) tujuan, (4) konsesif, (5) pembandingan, (6) penyebaban, (7) hasil, (8) cara, (9) alat, (10) komplementasi, dan (11) atributif. Hasil dari penelitian ini kemudian diimplementasikan sebagai bahan ajar yang berbentuk handout untuk kelas XI SMA.
Kata kunci: hubungan semantis antarklausa, jenis klausa, pembelajaran.
References
Alwi, H. dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Alwi, H. dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Kempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Badrudin, A. (2018). Konjungsi dalam Teks Pembelajaran Pada Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/32459/1/2101411155.pdf diakses pada 25 Desember 2020
Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, S. (2021). Variasi Kalimat Bahasa Indonesia Dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Edu-Kata, 7(1), 103–112. https://doi.org/10.52166/kata.v6i2.1811
Kridalaksana, H. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, H. dkk. (1985). Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia : Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Majid, A. (2016). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana. (2005). Kajian Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Paramitasari, A. (2020). Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis pada Karya Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Universitas Pekalongan. Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, Vol 2 No 1, 12–18. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1052 diakses pada 1 Agustus 2021
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ramlan, M. (2008). Kalimat, Konjungsi, dan Preposisi Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karangan Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Riyanton, M., & Wijayawati, D. (2019). Analisis Kesalahan Gramatika dalam Skripsi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papper, 296–313. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/1096 diakses pada 1 Agustus 2021
Sari, M. P. dkk. (2020). Konjungsi Pada Harian Rakyat Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, Vol 4 No 2, 205–214. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.9482
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaman, M. dkk. (2017). Buku Bahasa Indonesia Kelas XI Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Veerhar, J. W. . (2016). Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Wahyono, H. (2014). Bahasa Indonesia Penuntun Terampil Berbahasa. Magelang: Universitas Tidar.