Ketidakadilan Gender dan Resistansi dalam Novel Minoel Karya Ken Terate: Kajian Kritik Sastra Feminis

Rima Wahyu Mawarni, Imam Baihaqi, Liana Shinta Dewi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya bentuk ketidakadilan gender dalam novel Minoel. Ketidakadilan gender lebih banyak terjadi pada perempuan akibat stereotip yang berkembang di masyarakat cukup merugikan kaum perempuan. Selain itu, kuasa patriarki yang mendominasi dalam struktur kehidupan masyarakat semakin mengikis hak-hak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bentuk ketidakadilan gender dalam novel Mineol karya Ken Terate dan menemukan resistansi yang dilakukan tokoh dalam novel Mineol karya Ken Terate. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sementara itu, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat. Temuan data dalam penelitian ini berupa lima bentuk ketidakadilan gender yaitu subordinasi, stereotip, marginalisasi, kekerasan, dan beban kerja. Selain lima bentuk ketidakadilan gender, ditemukan pula dua bentuk resistansi yaitu resistansi verbal dan resistansi nonverbal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karya sastra mampu berperan sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan gagasan yakni mengenai ketidakadilan gender.


Kata kunci: ketidakadilan gender, kritik feminis, resistansi.


Full Text:

Untitled

References


Astuti, P., Widyatmike G.M., & Alfian R. (2018). Ketidakadilan gender terhadap tokoh perempuan dalam novel genduk karya sundari mardjuki: kajian kritik sastra feminisme. Jurnal Ilmu Budaya. 2 (2), 105–114.

Botifar. M & Heny. F. (2021). Refleksi ketidakadilan gender dalam novel perempuan berkalung sorban: perspektif gender dan feminisme. 3(1), 45-56.

Chaplin. J. P. (1981). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafind Persada.

Dewi, P. (2019). Ketidakadilan gender dalam novel ronggeng dukuh paruk karya ahmad tohari. Jurnal on Language and Literature. 2 (5): 100-109.

Famela, B. (2021). Citra perempuan, perilaku patriarki, dan perlawanan terhadap patriarki dalam novel cantik itu luka karya eka kurniawan: perspektif feminisme. Skripsi.

Fakih, M. (2020). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Insist Press.

Handayani dan Sugiarti. (2008). Konsep dan teknik penelitian gender. Malang: UMM Press.

Prasigit. (2020). Ketidakadilan gender dan citra perempuan dalam novel asih karya risa saraswati: kajian kritik sastra feminisme. Skripsi.

Terate. K. (2021). Minoel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. ALFABETA, cv.

Wiyatmi. (2012). Kritik sastra feminis. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v5i2.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.