Pengembangan Tirai Kincir Anekdot untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA Shekinah Temanggung

Fransiska Ayu, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari, Imam Baihaqi

Abstract


Penggunaan media dalam pembelajaran yang monoton membuat peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, terutama dalam kegiatan menulis teks anekdot. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya satu pengembangan media pembelajaran yang mengombinasikan dengan permainan supaya peserta didik lebih tertarik melakukan pembelajaran menulis teks anekdot. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut. (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan media tirai kincir anekdot pada materi teks anekdot untuk siswa kelas X SMA Shekinah Temanggung, (2) mengembangkan media tirai kincir anekdot pada materi teks anekdot untuk siswa kelas X SMA Shekinah Temanggung, dan (3) mengetahui kelayakan media tirai kincir anekdot pada materi teks anekdot untuk siswa kelas X SMA Shekinah Temanggung. Jenis penelitian Research and Development (R&D), merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian media tirai kincir anekdot memperoleh persentase dari ahli materi sebesar 95%. Yang berarti bahwa materi yang disajikan dalam media tirai kincir anekdot termasuk dalam kategori sangat layak. Persentase dari ahli media sebesar 70%. Artinya media tirai kincir anekdot layak digunakan. Kemudian persentase dari guru sebesar 91%. Artinya, media tirai kincir anekdot dalam kategori sangat layak digunakan. Penelitian ini menghasilakn sebuah media tirai kincir anekdot.


Kata kunci: teks anekdot , spinning wheel, tirai kincir anekdot.


Full Text:

Untitled

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriani, dkk.2015. ”Pengaruh Penggunaan Media Film Komedi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa SMA Negeri 10 Makassar”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Sastra: Universitas Negeri Makassar.

Burhanudin. 2022. “Pengembangan Media Monita (Monopoli Cerita) Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Cerita Rakyat Kelas VII SMP Negeri 2 Magelang. Program Studi Pedidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Tidar Magelang.

Dawamul.2019. ”Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2018- 2019”.Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dewi Isma Aryani, Kristianus Satrio Budi Nugroho. “Dinamika Perubahan Kemasan Sigaret Kretek Indonesia Sebagai Wujud Warisan Budaya”, jural Bahasa Rupa, 2021.

Dewita, Tiara. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Lectora Inspire dengan Metode Self Directed Learning untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fifit Firmadani, Mashud Syahroni. “Pengembangan Modul Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Berbasis Hots”, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2020.

Iqbalul, Ahmad. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4D Pada Materi Pleajaran Alat Panca Indera Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar”. Skripsi. Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Irna Tri Putri, Tugiyo Aminoto, Febri Berthalita Pujaningsih. “Pengembangan E- modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Teori Kinetik Gas”, Edufisika, 2020.

Kikih Sumirat, Dewi Herlina Sugiarti, Uah Maspuroh. “Penerapan Media Gambar Bertema “Covid-19” dalam Kemampan Menulis Teks Puisi Pada Siswa”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,2021.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode penelitian terapan bidang pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Rohmah, Miftakhur.2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Weebly pada Materi Puisi Untuk Siswa Kelas X SMA/MA”. Skripsi. Magelang: Universitas Tidar Magelang.

Sinabariba, R.b. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta. Syifa, Nur. 2018. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi

Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik”. Skripsi.Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Warni, dkk.2016. ”Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot Menggunakan Media Karikatur dan Pendekatan Saintifik pada Siswa”.Pascasarjana Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Tanjungpura.

Wulandari, Rini.2020. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas X Teknik InstalasI Tenaga Listrik (TITL) 2 SMK N 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v5i2.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.