Aspek Leksikal dan Gramatikal dalam Lirik Lagu Iwan Fals dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Teks Persuasi SMP Kelas VIII

Nurkhayati Nurkhayati, Astuty Astuty, Irsyadi Shalima

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahasa yang digunakan dalam cerpen termasuk Penelitian ini berjudul “Aspek Leksikal dan Gramatikal dalam Lirik Lagu Iwan Fals dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Teks Persuasi SMP Kelas VIII” yang merupakan penelitian kualitatif. Permasalahan dari penelitian ini tentang kohesi leksikal dan gramatikal yang meliputi, aspek leksikal (pengulangan (repetisi), sinonimi, antonimi) dan aspek gramatikal (pengacuan (referensi), pelesapan (ellipsis), konjungsi) yang terdapat pada lagu “Pohon Untuk Kehidupan”, “Ayolah Maju”, dan “Ya Allah Kami” karya Iwan Fals. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menemukan aspek leksikal dan gramatikal dalam lirik lagu Iwan Fals, (2) Menghasilkan implementasi aspek leksikal dan gramatikal dalam lirik lagu Iwan Fals sebagai bahan ajar teks persuasi pada SMP kelas VIII. Metode pengumpulan data mengguankan metode simak, teknik dasar sadap, dan teknik lanjutan catat. Analisis data menggunakan metode agih, teknik dasar metode agih yaitu BUL (Bagi Unsur Langsung) teknik lanjutan ada dua, yaitu teknik lesap dan teknik ulang. Hasil dari penelitian ini ditemukan aspek leksikal (pengulangan (repetisi) meliputi repetisi epistrofa, repetisi simploke, repetisi epizeukis, repetisi anafora, repetisi anadiplosis, repetisi mesodiplosis, repetisi epanalesis, sinonimi (padan kata), antonimi (lawan kata)) dan aspek gramatikal (pengacuan (referensi), pelesapan (ellipsis), perangkaian (konjungsi) meliputi konjungsi urutan, konjungsi tujuan, konjungsi penambahan, konjungsi sebab-akibat, konjungsi pertentangan). Hasil akhir penelitian ini berupa handout sebagai bahan ajar teks persuasi SMP kelas VIII pada KD 3.14 “Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.

Kata kunci: aspek leksikal, aspek gramatikal, bahan ajar, lirik lagu.


Full Text:

Untitled

References


Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Febiyanto, I. (2009). Aspek Gramatikal Dan Leksikal Pada Wacana “Tajuk Rencana” Surat Kabar Kompas. Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Izar, dkk. (2019). Analisis Gramatikal Dan Leksikal Pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora Vol. 03 No.01. Universitas Jambi.

Komala. (2006). Gaya Bahasa Pada Lagu-Lagu Celine Dion Dalam Album Sansattendre. Skripsi universitas Yogyakarta.

Kurniasari, dkk. (2016). Peranti Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Tulisan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP dan Relevansi sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 4 No. 1. Univesitas Sebelas Maret.

Kurniawati. (2009). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana

Nisriyah, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (CD Audio) Pembelajaran Mengapresiasi Geguritan SMP Kelas VII. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Paramatatya, N. (2012). Kohesi Gramatikal dan Kohesi Leksikal dalam Media Online dari Laman www.twitter.com Berbahasa Rusia pada Olahraga Hoki Periode 2011-2012. Skripsi Universitas Indonesia.

Purwanto, K. (2017). Pengembangan HANDOUT Untuk Siswa Kleas V SD 14 Koto Bayu Pada Materi Bermin Drama. Jurnal Tarbiyah, Vol. XXIV, No.1. Universitas Dharmas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v5i1.2467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.